Ingin Lihat Gerhana Bulan Penumbra? Inilah Jadwalnya

Ingin Lihat Gerhana Bulan Penumbra Inilah Jadwalnya

KabarDunia.com – Fenomena alam langka bakal kembali menyapa Indonesia, Jika sebelumnya gerhana matahari total, malam nanti gerhana bulan penumbra bakal ikut menyapa masyarakat Indonesia.

BMKG sendiri pun telah mengumumkan mengenai bakal terjadinya fenomena gerhana bulan penumbra ini yang menurut perkiraan bakal terjadi pada hari Rabu (23/3) atau malam nanti. BMKG pun menyebutkan bahwa seluruh wilayah di Indonesia nanti bisa melihat fenomena alam tersebut dengan catatan jika cuaca langit cerah.

“Gerhana bulan penumbra bisa disaksikan di seluruh Indonesia, Gerhana bulan ini bakal muncul tepat dua minggu seusai gerhana matahari total,” jelas Hermawan, seorang Prakirawan BMKG. “Masyarakat juga bisa menyaksikan fenomena gerhana bulan dengan catatan kondisi cuaca betul-betul cerah.”

Gerhana bulan penumbra sendiri terjadi ketika bulan bakal terbit dari ufuk timur pukul 16:36 WIB. Kemudian puncak dari gerhana tersebut sendiri berada pada pukul 18:47 WIB serta diperkirakan bakal berakhir pada pukul 20:57 WIB.

Menurut penjelasan Hermawan, gerhana bulan penumbra ini sendiri bakal terjadi sebanyak tiga kali pada tahun ini, yakni pada tanggal 23 Maret, 18 Agustus serta 17 September. Sebagai informasi tambahan, gerhana bulan ini sendiri bisa terjadi ketika seluruh bagian bulan yang berada di bagian penumbra tersebut terhalang oleh cahaya matahari oleh bumi. Oleh karena itu pula, bulan nantinya masih dapat terlihat tetapi bakal terlihat lebih suram dan gelap.