Caroline Herschel, Berawal dari Membantu Kakak Hingga Temukan Komet

Caroline Herschel, Berawal dari Membantu Kakak Hingga Temukan Komet 2

KabarDunia.com – Nama Caroline Herschel hari ini mendadak menjadi buruan para netizen, hal ini tak lepas dari keberadaan sosoknya dalam Google doodle pada hari ini. Mungkin tak banyak dari kalian yang mengenal akan sosok Caroline Herschel sebelumnya, begitu pun juga kamu, namun ada satu hal yang perlu kalian tahu bahwa pada hari ini merupakan ulang tahun dari Caroline Herschel yang ke 266. maka dari itu pula alasan kenapa dirinya muncul pada halaman pertama google adalah untuk turut merayakannya hari ulang tahunnya tersebut.

Caroline Herschel sendiri merupakan salah seorang astronom yang cukup terkenal di dunia tidak hanya pada masa itu saja namun hingga saat ini. Beliau adalah seorang wanita berkebangsaan Jerman. Dia pun akhirnya menjadi seorang astronom usai kakak laki-lakinya telah lebih dulu menjadi seorang astronom yang terkenal, yakni Sir William Herschel.
Caroline Herschel, Berawal dari Membantu Kakak Hingga Temukan Komet
Caroline Herschel sendiri memiliki nama lengkap Caroline Lucretia Herschel, ia lahir di kota Hanover pada tanggal 16 Maret 1750. Herschel merupakan seorang anak yang kedelapan, ia menjadi anak dari pasangan Ishak Herschel dengan istrinya, yakni Anna Ilse Moritzen. Saat William Herschel beranjak dewasa dan mulai tertarik pada berbagai macam hal dunia astronomi, Caroline pun turut mendukungnya kesukaan kakanya tersebut. Hingga pada suatu saat Caroline sendiri mulai merasa ikut tertarik mempelajari lebih dalam dunia astronomi.

Sebagai seorang astronom, Caroline Herschel sendiri telah berhasil menemukan sejumlah komet. Dan salah satunya yang cukup dikenal adalah komet dengan nama 35P periodik / Herschel-Rigollet. Karena dialah yang menemukan komet tersebut maka dari itulah ada nama keluarganya didalam penamaan komet tersebut. tak hanya sampai disitu saja, Sosok Caroline pun menjadi seorang astronom wanita pertama yang akhirnya mendapatkan kontribusi atas pengabdiannya di bidang pengetahuan alam (sains) serta berhasil mendapatkan sejumlah bayaran.