Rekam Gerhana Matahari Pakai Ponsel Ternyata Bisa Rusak Sensor Kamera!

Rekam Gerhana Matahari Pakai Ponsel Ternyata Bisa Rusak Sensor Kamera!

KabarDunia.com – Hanya tinggal hitungan jam lagi peristiwa langka Gerhana Matahari Total bakal bisa kita saksikan. Jika sebelumnya banyak beredar berita yang mengatakan bahwa melihat peristiwa Gerhana Matahari Total besok dengan mata telanjang bisa menyebabkan kebutaan, kali ini datang sebuah informasi yang cukup mengejutkan, yakni efek buruk jika kita merekam kejadian langka ini dengan menggunakan smartphone. seperti yang dilansir oleh vrphotography.com, Kamera smartphone anda bisa rusak jika dipaksa merekam peristiwa 350 tahun sekali ini.

Kenapa memfoto diperbolehkan namun tidak untuk merekamnya? Usut punya usut, ternyata hal ini dilakukan karena sinar matahari yang berlebih saat gerhana dipercaya bisa membakar sensor kamera smartphone anda. Hal ini pun juga disebut-sebut berlaku terhadap kamera saku maupun DSLR yang mempunyai layar LCD kecil sebagai viewfindernya.

Sebagai gambaran kasar, anda mungkin bisa membayangkan apa yang akan terjadi ketika anda mengarahkan kaca pembesar keatas sebuah plastik hitam yang ada di bawah sinar matahari langsung. Tentu plastik tersebut bakal terbakar beberapa saat kemudian.

Hal ini juga yang nantinya bakal terjadi pada sensor kamera smartphone. Sebab pada lensa kamera smartphone tak ubahnya adalah sebuah kaca pembesar yang bekerja dengan memfokuskan cahaya menuju sensor sebelum pada akhirnya cahaya yang ditangkap itu ditampilkan kedalam layar LCD viewfinder. Jadi, bisa dibilang sensor tersebut sangat rawan rusak ketika dihadapkan ke arah gerhana matahari yang mana bakal memancarkan cahaya dengan intensitas yang sangat tinggi.

Kerusakan pada sensor ini mungkin hanya akan bersifat sementara pada sebagian kamera model terbaru. Namun untuk jenis kamera lama atau minimalis, seperti yang ada pada smartphone, tingkat kerusakannya bisa berubah menjadi permanen.

Lalu mengapa diperbolehkan untuk memfoto? Hal ini terjadi karena saat memfoto shutter kamera hanya akan terbuka sesaat dan langsung menutup ketika berhasil menangkap cahaya yang diperlukannya. berbeda halnya ketika merekam atau untuk melihat gerhana matahari secara langsung, shutter pada kamera akan selalu terbuka, hal ini pun memungkinkan ada banyak cahaya yang masuk dan berpotensi merusak sensor.

Demi menjaga smartphone atau kamera anda, maka sangat disarankan agar anda menambahkan sebuah filter khusus yang nantinya ditempatkan pada depan lensa. hal ini berguna untuk mengurangi intesitas cahaya ketika memotret atau mereka gerhana matahari.

gerhana matahari 2016,  gerhana matahari,  acara gerhana matahari di palembang, jadwal gerhana matahari 2016, festival gerhana matahari palembang, gerhana matahari total 2016, jadwal gerhana matahari, festival gerhana matahari, festival gerhana matahari di palembang, acara gerhana matahari, gerhana matahari 300 tahun sekali, gerhana matahari terjadi berapa tahun sekali, wisatawan yang datang untuk melihat gerhana matahari, jangka waktu gerhana matahari di tempat yang sama akan terulang berapa tahun lagi, hotel yang mengadakan acara gerhana matahari dibelitung, gerhana total palu sekali seratus tahun, gerhana total 300 tahun sekali, gerhana pertama kali tahun, gerhana mthari total trjadi brp th utk daerah yg sama, gerhana matahari total terjadi tipa tahun sekali di tempat yang sama, suasana gerhana matahari total, gerhana matahari total, vidio gerhana matahari total di lht dari angkasa, seperti apakah wujud gerhana matahari total com, apa itu gerhana matahari total, suasana gerhana matahari, kapan gerhana teman terjadi di indonesia, GGerhana matahari total