Klarifikasi via Twitter, Danny Sebut Kiddle Bukan Bagian dari Google

Kiddle, Mesin Pencari Khusus Anak yang Anti LGBT dan Pornografi
KabarDunia.com – Sempat membuat heboh beberapa hari lalu atas munculnya situs Kiddle yang disebut-sebut sebagai mesin pencarian Google khusus anak, namun kini Kiddle.co membuat heboh sekali lagi.

Hal ini tak lepas dari banyaknya orang yang mengira bahwa layanan Kiddle.co ini merupakan produk terbaru dari Google yang sengaja didesain khusus agar aman digunakan anak-anak. Namun ternyata web ini sama sekali tidak beraffiliasi dengan sang raksasa mesin pencarian itu.

Danny Sullivan selaku Founding Editor Search Engine Land pun akhirnya melalui akun Twitter memberikan sebuah klarifikasi yang mengatakan bahwa Google sama sekali tidak meluncurkan sebuah mesin pencarian khusus untuk anak-anak yang diberi nama Kiddle. “Itu merupakan situs dari pihak ketiga yang menggunakan API untuk hasil pencarian dari Google,” jelasnya.

Seperti yang dilansir oleh Mirror, pada Selasa (8/3/2016), Kiddle memang telah berniat baik dengan menyediakan sebuah sarana berinternet yang ramah dan aman. Namun sebenarnya pada praktiknya, mesin pencari ini justru menimbulkan kebingungan diantara kalangan penggunanya.

Kiddle sendiri merupakan sebuah platform yang menggunakan Google Custom Search bar yang mana didesain khusus sehingga bisa menyaring konten-konten yang tidak seharusnya dilihat anak-anak. Ada beberapa konten yang memang difilter serta sejumlah istilah eksplisit serta nama-nama selebritis yang selama ini dikenal suka tampil vulgar seperti misalnya Pamela Anderson.

Namun rupanya saat tertentu, sistem filtering ini justru tidak sepenuhnya berhasil. Karena saat menggunakan kata pencarian yang lain, terkadang masih tersisip konten dewasa.

Atas dasar itulah sejumlah pengguna pun akhirnya melaporkan hal ini via cuitan di Twitter.

Padahal pada situs Kiddle sendiri tertera sebuah keterangan yang menyatakan bahwa situs ini masih memerlukan peran aktif dari para orangtua pengguna untuk terus memberikan masukan mengenai konten-konten apa saja yang memang harus diblokir oleh Kiddle. Menanggapi adanya laporan dari pengguna ini, Pihak Kiddle sendiri masih belum berkomentar apapun.