Awas! Lihat Gerhana Matahari Total Pakai Kacamata Abal-Abal Bisa Buta

Awas! Lihat Gerhana Matahari Total Pakai Kacamata Abal-Abal Bisa Buta

KabarDunia.com – Perhatian masyarakat di dunia terutama Indonesia saat ini sedang terfokus pada peristiwa gerhana matahari total yang menurut jadwal bakal terjadi besok, 9 Maret 2016. Bahkan, tak tanggng-tanggung wisatawan mancanegara pun sampai rela berkunjung ke Indonesia hanya untuk menyaksikan fenomena langit yang langka ini.

Karena hal ini pula ada banyak orang yang sudah mempersiapkan kacamata hanya agar bisa menyaksikan peritiwa Gerhana Matahari Total besok, namun tahukah anda jika tidak semua kacamata bisa menjadi pelindung mata anda dari bahaya radiasi yang dihasilkan selama peristiwa gerhana yang berlangsung besok?

Menurut kabar yang dilansir oleh News24, pada Selasa (8/3/2016), pemilihan kacamata yang tidak sesuai dengan standart khusus untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari total besok ternyata justru bisa mengancam mata anda. NASA pun mengungkapkan, bahwa tidak semua kacamata yang beredar memiliki filter ultraviolet (UV) yang bisa memblokir masuknya sinar inframerah.

Oleh karena hal itulah, Badan Antariksa Amerika Serikat  (NASA) sangat merekomendasikan untuk memakai kacamata No 14 Wielder’s Glass, kacamata rekomendasi dari NASA ini tak lain adalah kacamata yang biasa digunakan oleh para pekerja las serta konstruksi bangunan.

Tak hanya itu, biasanya kacamata khusus untuk gerhana matahari dilengkapi dengan material khusus bernama aluminized mylar, sebuah lapisan pelindung metalic silver yang mana bisa meredam dari radasi sinar inframerah yang dihasilkan selama gerhana matahari total besok.

NASA pun juga menambahkan, ada sejumlah filter yang pihaknya tidak merekomendasikan karena bisa memberikan efek samping berbahaya jika digunakan untuk melihat gerhana matahari total besok, antara lain adalah film foto yang berwarna hitam dan putih sebagaimana yang sering beredar belakangan ini, film foto yang sudah memiliki gambar didalamnya, potongan dari hasil foto X-ray, kacamata hitam biasa, serta sebuah filter kamera. Produk filter ini pun dinilai masih bisa memancarkan sinar inframerah yang dikhawatirkan bisa merusak mata yang melihat gerhana.

Meskipun begitu, jika anda memang teratrik untuk melihat peristiwa langka ini secara langsung, ada baiknya anda membeli produk kacamata tersebut melalui distributor peralatan teleskop yang sudah memiliki sertifikasi khusus dan pastinya legal.

gerhana matahari 2016,  gerhana matahari,  acara gerhana matahari di palembang, jadwal gerhana matahari 2016, festival gerhana matahari palembang, gerhana matahari total 2016, jadwal gerhana matahari, festival gerhana matahari, festival gerhana matahari di palembang, acara gerhana matahari, gerhana matahari 300 tahun sekali, gerhana matahari terjadi berapa tahun sekali, wisatawan yang datang untuk melihat gerhana matahari, jangka waktu gerhana matahari di tempat yang sama akan terulang berapa tahun lagi, hotel yang mengadakan acara gerhana matahari dibelitung, gerhana total palu sekali seratus tahun, gerhana total 300 tahun sekali, gerhana pertama kali tahun, gerhana mthari total trjadi brp th utk daerah yg sama, gerhana matahari total terjadi tipa tahun sekali di tempat yang sama, suasana gerhana matahari total, gerhana matahari total, vidio gerhana matahari total di lht dari angkasa, seperti apakah wujud gerhana matahari total com, apa itu gerhana matahari total, suasana gerhana matahari, kapan gerhana teman terjadi di indonesia, GGerhana matahari total