Bahaya Efek Radiasi Gerhana Matahari Total Bisa Sebabkan Buta Permanen

Bahaya Efek Radiasi Gerhana Matahari Total Bisa Sebabkan Buta Permanen

KabarDunia.com – Antusias masyarakat untuk bisa melihat peristiwa langka Gerhana Matahari Total (GMT) besok, Rabu tanggal 9 Maret 2016 ternyata cukup besar, hal ini pun terlihat jelas dari reposn masyarakat yang sudah bersiap-siap sejak seminggu terakhir.

Namun yang perlu diingat masyarakat dihimbau untuk tidak mencoba-coba melihat peristiwa Gerhana Matahari Total ini menggunakan mata telanjang. Hal ini tak lepas dari efek samping yang sangat fatal jika dipaksa untuk dilakukan.

Menurut keterangan dari Bayu Sasangko, selaku Dokter Spesialis Mata melihat langsung peristiwa Gerhana Matahari bisa menimbulkan sejumlah efek kerusakan pada bagian mata yang disebut dengan solar eclips retinopathy. Gejala utama jika sudah terkena hal tersebut adalah munculnya titik hitam atau sebuah bulatan hitam pada bagian tengah penglihatan.

Hal ini pun ada dua kemungkinan yakni kerusakan sementara atau justru permanen. Hal ini bakal membuat pandangan mata menjadi kabur dan bahkan bisa bertahan hampir selama 1 bulan lebih sampai beberapa tahun lamanya.

“Matahari itu kan mengandung spektrum warna cahaya yang cukup luas. Transfusinya pun juga intens dan hal ini bisa mengakibatkan sebuah reaksi foto kimia yang terjadi pada retina mata. Terutamanya pada bagian makula atau bintik kuning,” jelas Bayu saat berada di Rumah Sakit dr Yap, Yogyakarta.

Saat mata mencoba untuk menatap langsung ke arah matahari, sel mata yang berfungsi untuk menangkap sinar bakal terbakar dan akhirnya mati. Hingga akhirnya mata tak bisa lagi untuk melihat.

“Tidak total tetapi terjadi bintik kuning pada mata. Jadi penderita hanya mengalami kebutaan pada bagian tengah pandangan saja tetapi di samping kita masih bisa melihat,” jelasnya.

Untuk itu, Bayu pun menyarankan agar ketika melihat Gerhana Matahari total besok, masyarakat kalau bisa menggunakan alat bantu seperti teleskop atau melalui siaran televisi saja.

Bayu juga berpesan kepada seluruh orang tua agar bisa menjaga anak-anak mereka ketika peristiwa gerhana matahari total besok. Karena menurutnya lensa mata pada anak masih jernih sehingga bisa menyebabkan radiasi cahaya yang masuk lebih intens dibanding orang dewasa sehingga menyebabkan efeknya lebih parah dibanding orang dewasa.

gerhana matahari 2016,  gerhana matahari,  acara gerhana matahari di palembang, jadwal gerhana matahari 2016, festival gerhana matahari palembang, gerhana matahari total 2016, jadwal gerhana matahari, festival gerhana matahari, festival gerhana matahari di palembang, acara gerhana matahari, gerhana matahari 300 tahun sekali, gerhana matahari terjadi berapa tahun sekali, wisatawan yang datang untuk melihat gerhana matahari, jangka waktu gerhana matahari di tempat yang sama akan terulang berapa tahun lagi, hotel yang mengadakan acara gerhana matahari dibelitung, gerhana total palu sekali seratus tahun, gerhana total 300 tahun sekali, gerhana pertama kali tahun, gerhana mthari total trjadi brp th utk daerah yg sama, gerhana matahari total terjadi tipa tahun sekali di tempat yang sama, suasana gerhana matahari total, gerhana matahari total, vidio gerhana matahari total di lht dari angkasa, seperti apakah wujud gerhana matahari total com, apa itu gerhana matahari total, suasana gerhana matahari, kapan gerhana teman terjadi di indonesia, GGerhana matahari total