Facebook dan Google Berlomba Peringati Hari Perempuan Internasional

Facebook dan Google Berlomba Peringati Hari Perempuan Internasional

KabarDunia.com – Meskipun hari ini bukan tanggal merah, tapi siapa sangka bahwa hari ini adalah hari spesial yakni Hari Perempuan Internasional 2016 atau lebih sering disebut dengan International Woman’s day 2016. Bahkan untuk ikut menyemarakkannya google dan facebook pun sampai memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengguna layanan mereka terutama kaum perempuan.

Goggle sendiri merayakana Hari Perempuan Internasional 2016 kali ini dengan membuatkan sebuah animasi doodle unik dimana pada bagian logo mereka yang biasanya bertuliskan kata google kali ini berubah menjadi sebuah animasi seperti halnya sebuah video yang memperlihatkan adanya berbagai tempat terkenal di dunia. namun tunggu dulu ternyata itu bukan akhir dari animasi karena setelah anda coba untuk mengkliknya maka anda akan diperlihatkan sebuah video pendek tentang perayaan Hari Perempuan Internasional 2016 ini.

Sejarah Penetapan Hari Perempuan Internasional 2016

Penetapan tanggal 8 Maret sebagai peringatan Hari Perempuan Internasional sendiri dimulai sejak tahun 1917, dimana saat itu untuk pertama kalinya para kaum perempuan yang berada di Rusia akhirnya mendapatkan hak suara mereka dalam pemilu. hal inilah yang akhirnya menjadi tonggak awal dari adanya sejarah peringatan yang dirayakan secara internasional ini. Menurut sejumlah sumber, Hari Perempuan Internasional sendiri sebenarnya merupakan kisah dari perempuan biasa yang menorehkan catatan sejarah, dimana setelah berjuang berabad-abad lamanya akhirnya mereka dapat berpartisipasi untuk masyarakat, seperti halnya juga para kaum laki-laki.

Facebook dan Google Berlomba Peringati Hari Perempuan Internasional 2

Menurut lansiran situs Wikipedia, Hari Perempuan Internasional sendiri memang dirayakan setiap pada tanggal 8 Maret. Ini merupakan sebuah hari besar yang mana dirayakan oleh seluruh masyarakat di dunia untuk memperingati keberhasilan dari kaum perempuan yang ada di bidang ekonomi, politik serta sosial. Di antara peristiwa-peristiwa yang historis tersebut, perayaan ini sendiri juga memperingati terjadinya kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist yang ada di New York pada tahun 1911 yang mana mengakibatkan 140 orang perempuan didalam pabrik tersebut harus kehilangan nyawa mereka.

Sedangkan gagasan akan perayaan ini sendiri pertama kalinya dikemukakan pada abad ke-20 di tengah-tengah derasnya gelombang industrialisasi serta ekspansi ekonomi yang mana menyebabkan timbulnya banyak protes mengenai kondisi pekerja. Kaum perempuan yang berasal dari pabrik pakaian serta tekstil pun mengadakan protes mereka pada tanggal 8 Maret 1857 di New York City. Para kaum buruh garmen ini memprotes atas apa yang telah mereka rasakan sebagai pekerja yang sangat mendapatkan perlakuan hidup buruk serta tingkat gaji yang sangat rendah. Para pengunjuk rasa ini pun diserang serta dibubarkan oleh pihak kepolisian. Dua tahun kemudian kaum perempuan ini pun akhirnya membentuk serikat buruh pada bulan yang sama.

Di Eropa sendiri perayaan Hari Perempuan Internasional ini dirayakan pada sekitar tahun 1910-an hingga 1920-an, namun sempat menghilang. Perayaan ini sendiri akhirnya dihidupkan kembali pada tahun 1960-an. Dan pada tahun 1975, pihak PBB akhinya mulai mensponsori peringatan Hari Perempuan Internasional hingga Hari Perempuan Internasional 2016.