Persaingan Makin Ketat, Netizen Protes XL Blokir Akses MatahariMall

Persaingan Makin Ketat, Netizen Protes XL Blokir Akses MatahariMall

KabarDunia.com – Persaingan Ecommerce yang makin ketat rupanya membuat persaingan menjadi tidak sehat, itu pula yang terjadi antara MatahariMall dengan provider XL selaku pemilik Elevenia. Pihak XL pun dengan mudahnya memblokir akses para pengguna mereka sehingga tidak bisa mengakses situs MatahariMall.

Melihat adanya persaingan yang sangat tidak sehat itu, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatisi pun mengaku sampai saat ini dirinya belum mengetahui  bagaimana detail permasalahan sebenarnya. Namun jika persaingan tersebut terjadi di level aplikasi, maka hal tersebut bukan wewenang kementerian dan pihaknya tak bisa ikut campur, hal ini karena kejadian tersebut sudah masuk ke dalam ranah business to business (B2B).

“Wah saya belum tahu (XL blokir Mataharimall)” kata Rudiantara ketika dimintai keterangan di Kantor Kementerian Perekonomian, pada Jumat lalu.

Dia pun mengatakan sementara ini perjanjian yang ada antara penyelanggara jaringan dengan pihak penyelenggara jasa menurutnya tidak perlu sampai diketahui oleh pihak regulator.

Terkait adanya perjanjian dalam bisnis pelayanan telekomunikasi, Rudiantara pun berharap agar bisa berjalan dan berimbang antarpemain. “Yang pasti saya sangat berharap bisa terjadi level playing field di mana-mana,” jelasnya.

Sebelumnya para pengguna Twitter pun sempat ramai saat pemilik akun @jillian_lerry mengeluhkan adanya pemblokiran akses menuju situs Mataharimall.com. Keluhan tersebut pun ternyata juga disampaikan oleh pengguna Twitter lainnya dengan nama akun @rampok.

XL_Blokir_Mataharimall,_Ini_Respons_Menkominfo_-_2016-03-07_11.55.58

“MatahariMall.Com  di blok sama XL @XLCare @XL123 saingan bisnis nya gk asik bgt nih,malah nyusahin bnyk orang,” tulis @@jillian_lerry.

“@XLCare kenapa saya tdk bisa akses situs https://mataharimall.com  lewat jaringan XL saya ya?” tulis @rampok.