Merasa Kecolongan, TNI Siapkan Skema Khusus untuk Aremania dan Bonek

Merasa Kecolongan, TNI Siapkan Skema Khusus untuk Aremania dan Bonek

KabarDunia.com – Terjadinya bentrok antara pendukung Arema Cronus, Aremania dengan Bonek, pendukung kesebelasan Surabaya United rupanya membuat pihak penyelenggara ajang Piala Jenderal Sudirman 2015 merasa kecolongan, karena itulah TNI pun meminta kepada para suporter agar tetap saling menjaga keamanan, ketertiban serta persaudaraan diantara sesama pendukung. TNI pun tak mau niat baik mereka dengan menggelar turnamen Piala Jenderal Sudirman ini yang awalnya bertujuan untuk menghibur masyarakat pecinta sepakbola di Indonesia malah dirusak oleh sejumlah oknum-oknum yang brutal. (Baca: Bentrok dengan Bonek di Sragen, 1 Aremania Tewas dan 2 orang Kritis)

Permintaan tersebut pun dilontarkan usai tewasnya dua orang suporter Arema Malang yang menurut kabar dikeroyok oleh sekelompok pendukung Surabaya United. Kebetulan pula, Arema memang akan bertanding menghadapi Surabaya United pada babak delapan besar ajang Piala Jenderal Sudirman yang bakal berlangsung pada Sabtu (19/12/2015) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Tak ingin kembali kecolongan lagi, TNI pun akhirnya membuat beberapa aturan baru kepada para suporter yang nantinya bakal masuk ke dalam stadion.

Berikut ini adalah aturan terkait skema masuk suporter yang nantinya bakal diperlakukan pada saat pertandingan:

1. Sampai saat ini Aremania yang terkoordinasi berangkat sebanyak 20-25 ribu orang.

2. Bonek – Suporter Surabaya United sebanyak lima ribu orang dengan menumpang truk terbuka.

3. Jalur rawan pertemuan antara Bonek dan Aremania adalah Nganjuk, Ngawi, Solo, Prambanan hingga Stadion Maguwoharjo.

4. Jalur dari perbatasan Prambanan hingga stadion di setiap titik perempatan akan dijaga oleh Polda Yogyakarta dengan status Siaga Satu.

5. Untuk aturan rute masuk area stadion, seluruh Aremania yang menggunakan bus dan mobil akan diturunkan di titik tertentu yang dekat dengan stadion (dropping).

6. Saat dropping, seluruh Aremania yang membawa bassdrum, bendera dan lain-lain harus diturunkan semua.

7. Ketika semua sudah diturunkan dan siap, kendaraan Aremania akan diparkirkan di Lapangan Sono di utara Stadion Maguwoharjo.

8. Sedangkan Bonek ketika sampai Yogyakarta akan digiring oleh kepolisian ke Prambanan dan dibawa ke markas Batalion 403 di Condongcatur.

9. Mulai pukul 17.00-18.00 seluruh Aremania harus masuk stadion dan area parkiran timur Maguwoharjo harus steril dari Aremania.

10. Ketika area luar stadion sudah steril dari Aremania, maka rombongan Bonek dari markas Batalion 403 akan digiring ke stadion.

11. Untuk sementara ini Aremania akan menempati tribun timur dan utara. Sementara Bonek di tribun selatan.

12. TNI meminta tidak ada lagi nyanyian provokatif, spanduk rasis, mercon, kembang api dan botol minuman.

13. Setelah pertandingan yang akan dikeluarkan terlebih dahulu adalah Bonek setelah itu Aremania bisa keluar stadion.