Tak Ada Bendera Hitam saat Insiden Rossi dan Marquez, Ini Penjelasanya

Terbukti 'Tendang' Marc Marquez, Valentino Rossi Kena Hukuman Penalti

KabarDunia.com Tidak sedikit dari pengamat MotoGP yang mempertanyakan mengenai sikap Race Direction yang terlihat menyembunyikan bendera hitam saat terjadinya insiden antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez yang terjadi di Sirkuit Internasional Sepang (SIC), akhir pekan kemarin. Direktur Race Direction, Mike Webb akhirnya membeberkan alasannya tak mengibarkan Black Flag pada balapan seri 17.

Webb membahas, Race Direction sebetulnya sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Sehingga, tambahnya, pihaknya memilih untuk menantikan hingga balapan di GP Malaysia beres dengan menyaksikan tayangan ulang insiden tersebut melewati video.

“Kami telah mendiskusikan bersama dengan pengurus Race Direction. Jujur, kami tak mungkin mengambil keputusan untuk menjatuhkan penalti di saat balapan tengah berjalan. Jadi kami memilih untuk melihat tayangan ulang insiden usai balapan, sebab kami wajib mengawasi balapan juga. Menurut pendapat kami, itu yang paling baik untuk berkonsultasi melewati tayangan video. Seusai itu kami mewawancarai kedua pembalap,” jelas Webb semacam dikutip Speedweek, Senin (26/10/2015).

Sekadar informasi, kemunculan bendera hitam menandakan diskualifikasi terhadap pembalap bersamaan dengan papan yang menunjukkan nomor serta nama pembalap yang terkena diskualifikasi. Apabila terkena diskualifikasi, seorang pembalap wajib kembali pit serta tak bisa melanjutkan balapan. Bendera hitam ini bakal dikibarkan marshall seusai tim yang bersangkutan dikonfirmasi oleh Race Direction.

Lebih lanjut, Webb menerangkan bahwa Rossi telah bertindak sembrono sebab ceo klasemen sementara MotoGP telah frustasi dengan gaya balap ugal-ugalan Marquez di Negeri Jiran. Tapi bagaimana pun keselamatan pembalap berada di garda paling depan serta perbuatan The Doctor sangat disayangkan.

“Rossi telah bertindak semacam itu sebab frustasi serta ia membenci gaya balap Marquez. Sayangnya, perilaku Rossi pada akhirnya suatu pelanggaran yang kami tak bisa terima. Sebab dirinya menyebabkan seseorang terjatuh, jadi ia layak menerima tiga poin penalti,” tukas Webb.