Terbukti ‘Tendang’ Marc Marquez, Valentino Rossi Kena Hukuman Penalti

Terbukti 'Tendang' Marc Marquez, Valentino Rossi Kena Hukuman Penalti

KabarDunia.com Race Direction alias Badan Pengawas Balap MotoGP, akhirnya dengan cara resmi menjatuhkan hukuman tiga poin penalti terhadap Valentino Rossi, pebalap Movistar Yamaha MotoGP, yang ketahuan ‘menendang’ Marc Marquez saat seri MotoGP di Sepang, Malaysia yang digelar pada hari MInggu (25/10).

Rossi sendiri kedapatan melakukan tendangan tersebut dengan menggunakan kaki kirinya ketika hendak menyalip Marquez dari jalur dalam pada tikungan ke-14. Dampak senggolan ini, Marquez pun terjatuh dan terpaksa gagal finis. Pengawas Balap pun akhirnya segera melakukan investigasi selagi balapan serta memanggil keduanya seusai balap.

Berkat adanya tiga poin penalti ini, The Doctor pun terpaksa mengoleksi empat poin penalti, di mana satu poin lainnya telah ia dapatkan seusai kedapatan melambat saat di garis laju milik Jorge Lorenzo dalam sesi kualifikasi pada MotoGP San Marino berbagai waktu lalu.

Empat poin penalti inipun berarti Rossi wajib start dari posisi terbuncit di MotoGP Valencia, Spanyol dua pekan mendatang, di mana akumulasi tujuh poin berarti start dari pitlane dan akumulasi 10 poin berarti diskualifikasi.

Dalam balapan di Sepang, Rossi sukses finis ketiga di belakang Dani Pedrosa dan Lorenzo, dan mempertahankan puncak klasemen pebalap dengan 312 poin, hanya unggul tujuh poin dari Lorenzo di peringkat kedua.