Athletic Bilbao Hantam El Barca Tanpa Balas

AppleMark

KabarDunia.comAthletic Bilbao membuat kejutan besar pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol. Los Leones menghantam tim yang telah meraih empat trofi pada tahun ini, Barcelona, dengan skor telak yang memalukan bagi tim catalan dengan hasil akhir 4-0 di stadion kebanggaan mereka Sain Mames.

Pada laga di San Mames, Sabtu (15/8/2015) dinihari WIB, Luis Enrique menurunkan tim yang sedikit berbeda dibandingkan dengan saat melawat Sevilla di ajang Piala Super Eropa. Gerard Pique, Jeremy Mathieu, dan Sergio Busquets hanya mengisi di bangku cadangan, sementara Javier Mascherano dipasang sebagai gelandang. Adapun Andres Iniesta dan Ivan Rakitic baru masuk lapangan pada babak kedua.

Tampil di lini depan El Barca Luis Suarez, Pedro Rodrigues dan Leo Messi pun kurang begitu meneror dan menggetarkan lini belakang anak asuh Ernesto Varvelde. Sang pemegang 4 trofi ini hanya bisa tercengang melihat gawangnya dibobol berulang ulang oleh lawan dengan jumlah yang tidak sedikit.

Bilbao yang tampil di hadapan publiknya sendiri membuka skor pada menit ke-13. Gol spektakuler Mikel San Jose membawa tim tuan rumah unggul 1-0. Ster stegen harus tercengang saat menghalau bola dengan kepalanya ketengah lapangan, namun sayang jalanya harus rela dibobol dengan gol indah. Sang penjaga gawang Ter Stegen hanya bias terpanah dengan gol indah Mikel San Jose.

Bilbao menggandakan keunggulannya pada menit ke-53 melalui gol Aritz Aduriz. Aduriz menyundul umpan yang dilepaskan oleh Sabin Merino untuk membawa timnya memimpin 2-0.

Memasuki menit ke-62, Aduriz kembali menggetarkan gawang Barca. Kegagalan Barca menghalau sebuah umpan silang dengan sempurna dimaksimalkan oleh penyerang bernomor punggung 20 itu. Usai menerima umpan pendek dari Javier Eraso, Aduriz melepaskan tembakan yang bersarang di pojok bawah gawang. Bilbao 3, Barca 0.

Petaka mendatangi Barca kembali, hanya berselang enam menit, mereka terkena hukuman penalti setelah Dani Alves melakukan pelanggaran terhadap Xabier Etxeita. Aduriz yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus menyempurnakan hat-trick-nya. Bilbao unggul 4-0. Kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

Bagi Bilbao, kemenangan telak ini membuat mereka berpeluang besar untuk merebut trofi. Sementara itu, Barca harus menang dengan selisih minimal lima gol di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, Senin (17/8/2015) mendatang, untuk membalikkan keadaan.

 

Tampil di Camp Nou di Leg kedua, sebuah beban berat tengah ditanggung oleh sang pelatih Luis Enrique. Angan-angan ingin meraih 6 trofi di sisa tahun ini, seolah hanya kan menjadi angan belaka. Athletic Bilbaou adalah batu hambatan bagi tim catalunya El Barca. Divisit lima gol tanpa balas harus diraih, jika ingin meraih sextuple.

Dan leg kedua, akan berlangsung pada Selasa, 18 Agustus 2015 di kandang kebesaran El Barca Camp Nou.