Arsenal Kampiun Community Shield

community-shield-arsenal-chelsea_yhzzxidtoyc31u5bk2mgrx4lvGol dari Alex Oxlade-Chamberlain dan aksi dari Petr Cech mengantarkan Arsenal menjadi kampiun Community Shield 2015 (Getty)

KabarDunia.com – Untuk kali kedua dengan beruntun, Arsenal berhasil menjuarai Community Shield selepas menundukkan rival sekota, Chelsea dengan skor 1-0 di Stadion Wembley, Minggu (2/8) malam WIB.

Gol yang dijaringkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain di pertengahan paruh pertama membawa The Gunners kepercayaan diri semakin naik menjelang Liga Primer Inggris 2015/16 yang dimulai pada pekan depan sekaligus menjadi kemenangan perdana bagi dari Jose Mourinho dalam 14 laga pertemuan.

Paruh Pertama

Bermain tanpa striker utama, Diego Costa yang absen karena cedera hamstring, Chelsea terkesan kesulitan menembus pertahanan Arsenal sehingga membuat mereka lebih bertahan di awal laga. Hal ini membuat penjaga gawang Arsenal Petr Cech, yang menjalani debut pada pertandingan resmi bersama Arsenal dengan melawan mantan klubnya Chelsea, duduk santai di depan gawangnya.

Arsenal sendiri terus merangkai serangan demi serangan serta semakin terbantu dengan adanya dukungan suporter mereka yang terkesan memadati stadion Wembley. Buktinya dengan riuh rendah dari para suporter The Gunners setiap kesempatan tim kesayangan mereka melakukan serangan serta kerasnya suara siulan kepada Cesc Fabregas ketika sedang menguasai bola. Pada akhirnya, tekanan yang terus dibuat Arsenal membuahkan hasil di menit 24.

Mendapat umpan dari ujung tombak Arsenal Theo Walcott, Alex Oxlade-Chamberlain memberikan tusukan dari sayap kanan masuk ke dalam kotak penalti. Sambil dijaga ketat oleh Cesar Azpilicueta, Ox masih sanggup melepaskan sepakan kaki kiri yang tidak sanggup diantisipasi oleh Thibaut Courtois.

Dalam posisi tertinggal 1-0, Chelsea mulai berani melakukan tekanan. Kesempatan terbaik tercipta pada menit 32 serta 35 ketika Ramires dua kali memiliki peluang emas melalui suatu sepakan serta tandukan yang masih melebar dari gawang Cech. Tidak lama kemudian, Aaron Ramsey kemudian memiliki peluang, tetapi tendangannya masih melebar. Sampai paruh pertama berakhir, keunggulan Arsenal tetap bertahan.

Paruh Kedua

Memasuki paruh kedua, tekanan Chelsea lebih mengalir. Dengan masuknya Radamel Falcao sedikit meningkatkan serangan Chelsea, tetapi utama dalam serangan Chelsea masih Eden Hazard. Pada menit 61, pemain sayap asal Belgia tersebut nyaris membobol gawang Arsenal ketika memperoleh umpan terobosan dari Fabregas. Sayang, sepakan kerasnya dari jarak dekat masih melambung dari gawang Cech.

Olivier Giroud langsung memberikan ancaman ke gawang Chelsea meskipun belum genap semenit masuk menggantikan Walcott pada menit 66. Memperoleh umpan lambung dari Oxlade-Chamberlain, tendangan striker Prancis tersebut masih menyamping. Giroud lantas kembali memperoleh kesempatan, tetapi sepakannya di menit 70 masih melebar. Sebelumnya, tendangan bebas yang di eksekusi Oscar berhasil diantisipasi dengan baik oleh Cech.

Memasuki pada 20 menit terakhir, Chelsea terkesan begitu agresif dengan cara penguasaan bola yang diterapkan. Tetapi pertahanan Arsenal yang dikomandoi oleh Per Mertesacker serta Laurent Koscielny masih tetap solid. Disisi lain, Chelsea terlihat rentan dari serangan balik, hal itu terjadi padamenit 85. Masih beruntung, Courtois berhasil mengantisipasi tendangan Cazorla dalam situasi satu lawan satu.

Lagapun berlangsung memanas menjelang injury time dengan adanya duel keras antarpemain tidak dapat terhindarkan. Pada masa injury time, Arsenal nyaris menambah keunggulan, tetapi sepakan jarak dekat dari Kieran Gibbs masih dapat diblok oleh Courtois. Sampai peluit panjang dibunyikan, skor tipis 1-0 untuk keunggulan Arsenal tak berubah. The Gunners menjadi kampiun Community Shield 2015.