Indonesia U-23 Menundukkan Singapura U-23

Indonesia vs Filipina Saatnya Garuda Muda Cabik The Azkals Indonesia melaju ke Semi Final SEA Games 2015 dan akan menghadapi Thailand U-23

KabarDunia.com – Indonesia berpeluang menambah medali ketika di cabang sepak bola pria, Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semi-final SEA Games 2015 sebagai runner-up Grup A menyusul Myanmar. Hasil tersebut diperoleh seusai menundukkan sang tuan rumah Singapura dengan skor 1-0.

Pertandingan di Stadion Jalan Besar, Kamis (11/6) malam, berlangsung dengan sengit. Kedua tim bermain ofensif untuk mencuri gol walau paruh pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Evan Dimas pun memecah kebuntuan pada menit ke-47 setelah memanfaatkan umpan tarik Muchlis Hadi, golnya menjadi pelecut skuad Garuda Muda yang dikomandoi Aji Santoso untuk lolos ke semi-final.

Paruh Pertama

Indonesia langsung berinisiatif bermain ofensif ketika peluit dibunyikan, tetapi tekanan yang diberikan Ahmad Nufiandani dan kawan-kawan masih sanggup diantisipasi oleh lini belakang Singapura. Di mana Ho Wai Loon dengan gigih melakukan berbagai penyelamatan.

Singapura yang bermain sabar, menantikan Garuda Muda bermain lebih dalam ke daerah mereka lalu memotong bola serta melakukan serangan balik dengan umpan terobosan ke daerah pertahanan Indonesia. Sahil Suhaimi menjadi target umpan lini kedua, tetapi Indonesia masih beruntung sebab Sahil berada di posisi offside.

Menit ke-23 Indonesia sanggup menjalin serangan dengan sangat rapi. Kerja sama Abduh Lestaluhu dari sisi kiri menyodorkan umpan silang yang berujung kemelut di kotak penalti Singapura. Bola liarpun disambut oleh Zulfiandi kemudian dioper ke Evan Dimas. Apesnya, kaki Evan tidak dapat menjangkau bola dan kesempatan pun kandas.

Tiga menit kemudian, kesempatan Singapura yang menciptakan peluang. Safirul Sulaiman memberikan umpan lambung menyilang dan melewati begitu saja Manahati Lestusen, Sahil pun dengan gesit untuk menerima bola, tapi masih beruntung untuk Indonesia sebab Teguh Amiruddin masih sigap menerjang pergerakan Sahil.

Menit 34′, Indonesia memperoleh kesempatan emas yang bermula dari kombinasi satu-dua Evan Dimas serta Ahmad Nufiandani. Dari sisi kanan, Dani – sapaan Ahmad Nufiandani pun menendang bola mengarah on target ke gawang dan masih bisa dibendung oleh kiper Singapura, Buhari Syazwan.

Singapura yang konsisten bermain sabar sanggup memperoleh kesempatan jelang paruh pertama berakhir. Memanfaatkan kesalahan dari Abduh Lestaluhu, Safirul melancarkan tendangan keras namun masih melenceng dari gawan Indonesia U-23. Paruh pertama pun berakhir dengan imbang tanpa gol, Indonesia U-23 tampil ngotot kesulitan untuk menembus solidnya lini belakang tuan rumah Singapura U-23.

Paruh Kedua

Aide Iskandar melakukan perubahan strategi dengan memasukkan dua pemain sekaligus yaitu Faris Ramli serta Irfan Fandi masuk menggantikan Sh Othman serta Samion Amy. Tuan rumah Singapura U-23 mencoba bermain lebih agresif ketika paruh kedua dimulai.

Seusai ditekan oleh Singapura, Indonesia sanggup melakukan serangan balik melalui sisikanan yang dimotori Muchlis Hadi. Striker PSM Makassar tersebut dengan berani mendobrak pertahanan Singapura U-23 dan mengirim umpan tarik yang disambut dengan tendangan plesing Evan Dimas. Bola pun mengarah tepat ke gawang serta menaklukkan Syazwan yang sudah mati langkah untuk memberikan keunggulan tim Merah-Putih unggul. 1-0 untuk Indonesia U-23.

Seusai gol dari Evan Dimas, Indonesia lebih cerdik dalam melancarkan serangan. Singapura U-23 berusaha untuk membalas gol Indonesia U-23, pada menit ke-53 Sahil memaksa Teguh untuk menyelamatkan gawang Indonesia U-23 dengan memblok tandukan dari striker LionsXII tersebut.

Indonesia U-23 yang dikomandoi Aji Santoso tidak merasa puas dengan keunggulan 1-0. Gempuran demi gempuran diberikan terhadap kubu tuan rumah Singapura U-23, dan di menit 63′, Syaiful Indra melepaskan sepakan dari tendangan bebas mengarah on target ke sisi kanan gawang. Tapi Syazwan yang bermain ciamik kembali menjadi pahlawan Singapura U-23 di bawah mistar gawang.

Berulang kali kesempatan yang diciptakan pasukan Indonesia U-23. Ahmad Nufiandani pun beraksi di kotak penalti serta melepaskan sepakan mendatar, namun masih sanggup dihalau oleh Syazwan. Beberapa menit kemudian, giliran Adam Alis yang melepaskan tendangan voli usai menerima umpan sepak pojok Syaiful serta tendangannya masih melambung di atas gawang Singapura U-23.

Menit ke-65, Singapura harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Wai Loon mendapat kartu kuning kedua sebab menjegal Evan Dimas dengan tekel yang kotor. Emosi lumayan memengaruhi permainan tim tuan rumah, kartu kuning berulang kali keluar dari saku wasit Kim Heegon dari Korea Selatan antara lain untuk Irfan Fandi Ahmad serta Faris Ramli yang ketahuan diving.

Tempo pertandingan terlihat mulai menurun walau kontak fisik acap kali mewarnai pertandingan ini. Pemain Singapura U-23 beberapa kali menjatuhkan pemain Indonesia U-23 dengan tekel keras serta pertandingan beberapa kali juga molor sampai waktu tambahan yang diberikan selama tujuh menit. Walau begitu, skor pun tidak mengalami perubahan untuk kemenangan Indonesia U-23. Skor 1-0 yang mengantarkan Garuda Muda ke semi-final.