Indonesia U-23 berhasil menekuk Filipina U-23

Indonesia vs Filipina Saatnya Garuda Muda Cabik The Azkals Indonesia U-23 akan menghadapi Singapura U-23 di laga pamungkas Grup A SEA Games 2015 untuk memperebutkan tiket ke Semi Final

KabarDunia.com – Timnas Indonesia U-23 sukses menundukkan Filipina U-23, dengan skor 2-0, dalam lanjutan laga grup A SEA Games 2015 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (9/6) malam.

Kemenangan tersebut, membuat Indonesia U-23 kembali merangsek ke posisi kedua klasemen sementara grup A dengan enam poin, dengan keunggulan selisih gol dari Singapura U-23 yang juga memperoleh poin yang sama. Sebaliknya, Filipina U-23 semakin terbenam di dasar klasemen tanpa poin sekalipun.

Paruh pertama

Filipina U-23 langsung bermain menekan pada menit-menit awal pertandingan. Tetapi serangan mereka dapat diredam oleh pasukan Indonesia U-23.

Sialnya ketika pertandingan masih berlangsung tiga menit, Indonesia U-23 sanggup menjaringkan bola lebih dulu lewat aksi Evan Dimas . Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia U-23.

Keunggulan satu gol, membikin pasukan Garuda Muda terus bersemangat menyerang. Sepakan demi sepakan terus dilancarkan skuat yang di komandoi Aji Santoso itu ke daerah pertahanan Filipina U-23.

Pada akhirnya, Evan Dimas kembali mencatatkan di papan skor setelah mencetak gol pada menit ke-13, seusai sukses memanfaatkan umpan dari Paulo Sitanggang. Skor kembali berubah 2-0 untuk keunggulan Indonesia U-23.

Namun, Indonesia U-23 tetap belum puas. Buktinya, masih bernafsu untuk menekan. Evan Dimas nyaris mencetak hattrick dalam laga kali ini, namun dapat diamankan oleh kiper Filipina, Florencio Badelic. Begitu pula dua tendangan dari Muchlis Hadi serta Zulfiandi dapat diantisipasi oleh Badelic.

Filipina U-23 yang kesulitan keluar dari gempuran Indonesia U-23, sesekali sukses memberikan rasa takut pada lini pertahanan Indonesia U-23. Salah satunya, melalui tendangan keras Gerardo Valmayor. Tetapi bola tendangannya melenceng di sisi kiri gawang Indonesia U-23, yang dijaga Teguh Amiruddin.

Peluang emas yang didapatkan oleh Ahmad Nufiandani di depan gawang Filipina U-23. Namun bola sundulannya dapat diantisipasi Badelic.

Indonesia U-23 pernah lengah pada menit-menit akhir babak pertama. Beruntung, Valmayor yang sukses lolos dari jebakan off-side kandas menaklukkan Teguh. Sampai babak pertama berakhir, skor tetap 2-0 untuk keunggulan Indonesia U-23.

Paruh kedua

Memasuki paruh kedua, Filipina U-23 dalam posisi tertinggal dua gol mencoba memberikan tekanan lebih dulu. Namun, dapat diantisipasi oleh pertahanan Indonesia U-23.

Setelah kejadian itu, giliran Evan Dimas serta kawan-kawan menyerang secara beruntun ke daerah pertahanan Filipina U-23. Kesempatan emas tersebut didapatkan Muchlis Hadi, yang memanfaatkan sodoran umpan terobosan Evan Dimas.

Namun, bola sundulannya ke gawang masih lemah, dan disapu pemain belakang Filipina U-23. Filipina U-23 juga memberikan teror melalui tendangan keras Dorimon. Namun lagi-lagi tetap melenceng dari target.

Sepakan Zulfiandi yang memanfaatkan bola liar di depan gawang juga melambung di atas gawang Filipina U-23.

Pada pertengahan paruh kedua, Filipina U-23 berupaya memberikan teror lebih ganas. Tetapi upaya mereka dapat diredam Agung Prasetyo serta kawan-kawan. Di sisi lain, Indonesia U-23 juga terkesan kesulitan untuk kembali merobek gawang Filipina U-23.

Sepakan dari luar kotak penalti yang diperoleh beberapa kali menjadi harapan para penggawa Filipina U-23 untuk mencetak gol. Namun, bola yang dilancarkan masih belum menemui sasaran. Pada masa tambahan waktu, sundulan Salenga di depan gawang tetap melenceng dari gawang Indonesia U-23.

Hingga peluit di bunyikan, skor masih tetap 2-0 untuk keunggulan Indonesia U-23.