Merasa Tidak Didukung, Sepp Blatter Akhirnya Mundur dari FIFA

Merasa Tidak Didukung, Sepp Blatter Akhirnya Mundur dari FIFA

KabarDunia.com Sebuah langkah mengejutkan akhirnya diambil Sepp Blatter, Presiden incumbent FIFA. Pria yang berusia 79 tahun berasal dari Swiss itu akhirnya mundur dari jabatan Presiden FIFA mulai hari Selasa 2 Juni 2015 waktu setempat.

Keputusannya untuk meninggalkan jabatan yang selama ini didudukinya sejak 1998 itu diduga dikarenakan adanya permasalahan korupsi yang menimpa institusi yang dipimpinnya. Dalam sebuah pernyataannya di BBC, FIFA akan sesegera mungkin menggelar sebuah Kongres untuk mengagendakan pemilihan Presiden baru.

“Mandat yang saya terima tampaknya tak didukung oleh semua orang,” ujar dari Blatter sebagaimana yang dilansir dari BBCSport.

Blatter resmi resign dari jabatan sebagai orang nomor satu di FIFA seminggu seusai ia terpilih dalam Kongres FIFA yang diadakan di Zurich, Swiss pada 29 Mei 2015 lalu. Dalam sebuah pernyataan resminya, Blatter pun sudah mencurahkan setengah usianya hanya untuk bisa memajukan badan organisasi sepakbola dunia itu.

“Saya selalu saja memikirkan jabatan ini. Waktu saya ketika di FIFA selagi 40 tahun sudah menjadi bagian dari hidup saya,” seloroh Blatter.

Dia juga mengakui bahwa dia mencintai FIFA lebih dari apapun serta selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Sebab itu, dirinya akhirnya memutuskan masih maju lagi dalam Kongres pemilihan Presiden yang digelar setiap empat tahun sekali tersebut sejak pertama kalinya dia terpilih sekitar 17 tahun yang lalu.”Yang terpenting untuk saya adalah FIFA serta sepak bola yang ada di seluruh dunia.”

Sebelumnya, berbagai desakan agar Blatter mundur sudah mulai mengemuka sejak sebelum Kongres. Bahkan Michel Platini, Presiden Konfederasi Eropa (UEFA), sampai blak-blakan memintanya untuk pensiun.

“Saya pun mengatakan, ‘Sepp, saya ingin sekali berkata empat mata dengan Anda’. kemudian dirinya pun mengatakan, ‘Sudah terlambat. Saya tak dapat tiba-tiba mundur ketika kongres akan dimulai sore ini.'” ucap dari Platini dihadapan para wartawan, pada akhir bulan lalu sebagaimana yang dilansir Super Sport.