Juventus Menekuk Real Madrid di Kandangnya

Juventus Menekuk Real Madrid di KandangnyaJuventus Menekuk Real Madrid di Kandangnya (Getty Images)

KabarDunia.com – Juventus berhasil mendapatkan start yang bagus dengan meraih kemenangan tipis 2-1 kala menjamu Real Madrid dalam duel leg pertama babak semi-final Liga Champions di Turin, Rabu pagi tadi.

Paruh Pertama:

Tiga menit pertandingan berlangsung, Juventus memperoleh kesempatan awal lewat sepakan Arturo Vidal, hanya saja pengawalan ketat dari Pepe membuat peluang tersebut gagal. Tekanan lain datang dari tendangan keras Alvaro Morata yang dapat diamankan Iker Casillas.

Serangan berturut-turut Bianconeri sejak awal pertandingan akhirnya berbuah manis di menit kedelapan, tembakan kencang Carlos Tevez menuju arah Casillas dan ditepis namun bola memantul dan disambar oleh Morata dan berhasil membobol gawang mantan klubnya.

Kondisi tersebut memaksa Madrid untuk terus keluar menyerang. Cristiano Ronaldo menjadi ancaman gawang Juventus di menit ke-27, berdiri tanpa terkawal oleh siapapun saat menerima umpan dari James Rodriguez, sundulannya meluncur jauh dari jangkauan Gianluigi Buffon.

Momentum tersebut seharusnya meningkatkan moral Madrid untuk terus konsisten mengancam pertahahan tuan rumah. Tetapi yang terjadi sebaliknya, Juventus berusaha keras untuk keluar dari tekanan Madrid serta menebar gempuran melalui beberapa serangan cepat.

James nyaris mengangkat Madrid berbalik unggul tiga menit sebelum babak pertama usai seandainya tandukan kerasnya yang meneruskan umpan silang dari Isco Alarcon tidak mengenai tiang gawang. Jual beli serangan silih terjadi, hanya saja sampai turun minum skor imbang bertahan.

Paruh Kedua:

Mencoba untuk mengulangi momentum yang diperoleh ketika di awal pertandingan, Juventus memulai babak kedua melakukan permainan dengan gebrakan yang sama. Di komandoi pergerakan Vidal dari lini kedua, kesempatan tercipta lewat tendangan Tevez walau dapat di amankan oleh Casillas.

Serangan balik cepat yang dilakukan Juventus mebuahkan penalti usai tekanan oleh Tevez dijatuhkan Dani Carvajal di kotak terlarang. Penyerang Argentina itu sendiri maju mengeksekusi penalti serta berhasil mengangkat timnya kembali memimpin di menit ke-57.

Kembali dalam posisi tertinggal , Carlo Ancelotti merubah strategi lebih ofensif, Isco digantikan oleh Javier Hernandez. Sementara sebaliknya dilakukan Max Allegri yang memperkuat barisan lini belakang dengan mengganti Stefano Sturaro oleh Andrea Barzagli.

Madrid semakin bernafsu untuk mencari gol penyeimbang kedua, wajib waspada mengingat Juventus mempunyai serangan balik mematikan di pertandingan ini. Peluang terbuka diperoleh Toni Kroos di menit ke-74, namun percobaan tembakan jarak jauhnya masih melambung di atas gawang Buffon.

Dominasi serangan Madrid terus gencar dalam sisa waktu paruh kedua, tekanan dari segala lini dilancarkan. Namun sampai peluit panjang ditiup oleh wasit Martin Atkinson, Juventus sanggup mengamankan keunggulan 2-1 mereka.