Hasil Liga Champions: Porto Sukses Libas Muenchen 3-1

Hasil Liga Champions Porto Sukses Libas Muenchen 3-1Jackson Martinez ketika membobol gawang Munich di liga Champions

KabarDunia.com – FC Porto memulai leg pertama pada babak perempat final Liga Champions dengan sebuah hasil positif yakni mengalahkan klub tangguh asal Jerman, Bayern Munich 3-1. Bermain di kandang Porto, Estadio Do Dragao pada Kamis (16/4) dini hari WIB, gol Porto sendiri dicetak oleh Jackson Martinez serta Ricardo Quaresma (2 gol). Sementara itu gol Bayern dilesakkan oleh Thiago Alcantara.

Laga baru berlangsung dua menit tetapi penampilan Bayern harus dicederai oleh sebuah kesalahan Xabi Alonso yang ternyata gagal dalam menghentikan Jackson Martínez ketika di depan kotak penalti. Kiper Bayern, Manuel Neuer pun dengan spontan menghentikan laju dari penyerang tersebut sampai kartu kuning pertama akhirnya keluar dari kantung wasit Carlos Velasco yang memipin laga tersebut pada menit kedua serta menunjuk titik putih.

Quaresma yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti tersebut sukses membuka keunggulan timnya dengan sebuah tendangan penaltinya cocok ke kanan bawah gawang Neuer. Tidak butuh waktu yang lama dari gol pertama, kali ini giliran blunder dari bek  tengah asal Brazil Dante yang memaksa jala gawang milik Bayern bergetar lagi.

Berawal dari sebuah aksi solo-run pemain asal Portugal, Quaresma di menit ke sepuluh, yang lagi-lagi gagal dihentikan oleh Dante, sang skipper itu dengan leluasa melakukan sebuah tembakan usai berhasil mengelabui Neuer. Skor pun 2-0 untuk Porto.

Pada menit ke 28, Die Roten akhirnya sukses untuk memperkecil ketertinggalan lewat sebuah tendangan cantik Thiago Alcantara hasil umpan dari segi kiri gawang kiper Fabiano. Thiago yang sedang mempunyai posisi tepat depan sang penjaga gawang serta tanpa adanya pengawalan, langsung saja membelokkan umpan rekannya tersebut.

Hingga babak pertama perempat final Liga Champions berakhir, skor tidak berubah 2-1 untuk keunggulan dari tuan rumah, Porto.

Pada babak kedua ini, Bayern semacam kehilangan ketajamannnya. Walau dalam penguasaan bola kedua tim cenderung berimbang 50:50, Die Roten seolah kehilangan bola di separuh lapangan.

Pada menit ke 65, justru Porto malah berhasil mencetak gol ketiga dalam pertandingan Perempat Final Liga Champions ini, pada kali ini lewat kaki Jackson Martinez. Berawal dari sebuah umpan jauh bek Alex Sandro dari segi kanan, Martinez yang terlibat duel udara dengan seorang pemain belakang lawan, Jerome Boateng.

Sayang, bola tersebut langsung dikuasai oleh Martinez serta penyerang Kolombia tersebut sukses menggiring ke dalam area kotak berbahaya Bayern. Dengan mengelabui seorang Neuer, bola berhasil dilesakkan ke segi kanan gawang.

Absennya pemain asal Belanda, Arjen Robben serta Frank Ribery membikin aliran dan permainan bola terpaku pada Muller serta Lewandoski. Tetapi, pergerakan dari keduanya sukses ditutup oleh para pemain belakang Porto serta hanya dapat bermain-main di lini tengah.

Berniat untuk mempertajam serangan, pelatih Pep Guardiola akhirnya menarik Xabi Alonso untuk memasukkan Badstuber pada menit ke 74. Sedangkan pahlawan Jerman ketika Final Piala Dunia lalu, Mario Goetze terpaksa digantikan oleh Sebastian Rode.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor beres 3-1 untuk kemenangan Porto serta langkah anak-anak asuhan pelatih Julen Lopetegui ini sedikit ringan untuk menghadapi leg kedua di kandang Bayern 22 April mendatang.