Gagal Taklukkan Korsel, Indonesia Gagal Juara Grup H AFC CUP

Gagal Taklukkan Korsel, Indonesia Gagal Juara Grup H AFC CUP (2)

KabarDunia.com Timnas Indonesia U-23 akhirnya wajib puas dengan menjadi runner-up Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2016 seusai takluk 0-4  atas lawannya Korea Selatan dalam laga yang digelar di Gelora Bung Karno, Selasa (31/3).

Tampil tanpa Evan Dimas  Darmono sejak menit pertama, coach Aji Santoso akhirnya memainkan trio Paolo Sitanggang, Zulfiandi, serta Adam Alis di lini tengah, mendukung dari trio di depan yang diisi oleh Ahmad Noviandani, Muhclis Hadi, serta Ilham Udin.

Pada menit-menit awal permainan, Indonesia mencoba untuk menerapkan pressing tinggi guna mengacaukan skema permainan dari Korea Selatan. Bahkan ketika laga baru memasuki pada menit ke-10, Putu Gede telah mendapat kartu kuning seusai melakukan pelanggaran keras kepada salah satu pemain Korsel.

Korsel pernah mencetak gol di menit 11 seusai set piece mereka berhasil meluncur mulus kedalam gawang Indonesia yang dijaga oleh M. Natshir. Tetapi gol tersebut akhirnya dianulir seusai wasit berpendapat pemain Korsel terlebih dulu melakukan sebuah  pelanggaran.

Lagi-lagi Korsel mempunyai kesempatan membuka skor di menit 43, tetapi tetap gagal. Walau lumayan tak sedikit tercipta peluang, tetapi sampai paruh pertama beres skor imbang tanpa adanya gol tetap bertahan.

Kembali dari dalam kamar ganti, Korsel tetap mendominasi dalam penguasaan bola. Hasilnya baru mereka petik di menit 52 seusai Jung Seung-Hyun sukses menggetarkan jala Indonesia memanfaatkan dari kesalahan kiper Natshir dalam membuang bola.

Menit 70, Aji Santoso akhirnya memutuskan untuk memasukkan sang jenderal tengah, Evan Dimas. Tetapi alih-alih membalas, gawang Garuda Muda malah kembali bobol semenit kemudian setelah Lee Chan-Dong sukses melepaskan tembakan yang kembali gagal dihalau oleh Natshir.

Indonesia terus terpuruk seusai Korsel berhasil meningkatkan keunggulan mereka lewat gol Kim Seung-Jun di menit 80.

Korsel akhirnya berhasil menggenapi kemenangan mereka menjadi 4-0 berkah gol indah Lee Chang-Min pada menit 85. Tembakan kerasnya yang dilakukan dari luar kotak penalti gagal dibendung Natshir dengan sempurna.

Meski Indonesia tetap mencoba untuk membongkar pertahanan rapat Korsel, tetapi sampai peluit panjang dibunyikan wasit skor 4-0 untuk kemenangan Korsel tetap bertahan.