Raih Perak Tiga Kali Beruntun, Lee Chong Wei Pensiun dari Olimpiade

Raih Perak Tiga Kali Beruntun, Lee Chong Wei Pensiun dari Olimpiade
KabarDunia.com – Pupus sudah harapan Lee Chong Wei untuk meraih medali emas Olimpiade Rio 2016. Usai sempat bermain sengit dan mengalahkan musuh bebuyutannya Lin Dan, pada babak semifinal, Lee Chong Wei justru harus menyerah di tangan Chen Long. Kegagalan ini pun membuat dirinya seolah menjadi pebulu tangkis dengan raihan tiga medali perak secara beruntun.

Pertandingan final sendiri kemarin digelar di Riocentro Pavilion 4, Sabtu (20/8), Lee Chong Wei akhirnya harus mengakui keunggulan Chen Long dengan skor 18-21, 18-21.

Usai pertandingan final ini pun Lee sempat dihujani pertanyaan mengenai kemungkinannya untuk turun di Olimpiade Tokyo 2020 kelak. namun rupanya, Lee pun dengan mantap menutup kemungkinan ikut bertanding lagi.

“Saya rasa tidak mungkin untuk Tokyo 2020, Saya harus memberikan kesempatan kepada para pemain-pemain muda Malaysia yang lainnya” ujar pemain yang kini telah berusia 33 tahun tersebut.

Sepanjang perjalanan kariernya di bulutangkis Lee Chong Wei memang dikenal sebagai pemain yang luar biasa, hanya gelar juara Olimpiade serta Kejuaran Dunia saja event besar yang selama ini belum berhasil ia menangkan.

Tak hanya itu saja, Lee pun juga mengatakan bahwa laga semifinal melawan Lin Dan di smeifinal lalu mungkin bakal menjadi laga terakhir antara dirinya dengan Lin Dan di turnamen akbar.

Lee Chong Wei dan Lin Dan sendiri sudah bertemu sebanyak 37 kali di sepanjang karier mereka. Rekor pertemuan dari keduanya tak lain adalah 25-12 dimana Lin Dan unggul jauh.

Keduanya pun juga sempat bertemu pada partai final Olimpiade Beijing 2008 serta London 2012 lalu. Lin Dan akhirnya selalu keluar sebagai juara dan Lee Chong Wei hanya menjadi Runner-up.