Belum Dapat Sponsor, Masa Depan Rio Haryanto di F1 Terancam

Belum Dapat Sponsor, Masa Depan Rio Haryanto di F1 Terancam

KabarDunia.com – Beberapa hari terakhir muncul kabar mengenai tim Manor Racing yang segera menuntut konfirmasi mengenai masa depan di ajang balap Formula One. hal ini sendiri tak lepas dari masih belum lunasnya biaya keikutsertaan Rio Haryanto yang harus dibayarkan kepada pihak Manor Racing agar bisa mengikuti balapan selama semusim.

Menanggapi banyaknya berita yang beredar di masyarakat, Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, akhirnya angkat bicara. Dia pun mencoba meluruskan kesalah pahaman yang telah beredar selama ini. Ia pun menyebutkan jika pihak Manor selama ini hanya ingin mengonfirmasi kepastian Rio Haryanto apakah hanya sampai balapan ke-11 saja atau membayar kekurangan dan mengikuti lomba hingga akhir musim, bukan masalah deadline pembayaran.

Seperti yang diketahui, agar bisa mengikuti balapan selama satu musim, Rio Haryanto harus membayar sebesar 15 juta . Namun, seiring berjalannya waktu, Manor Racing akhirnya memberikan kelonggaran kepada pihak Rio Haryanto dengan cara membagi dua sesi dalam satu musim. untuk satu sesi atau setengah musim, Rio Haryanto dikenakan biaya sebesar 7,5 juta euro, begitu pun juga setengah musim berikutnya.

Rio Haryanto sendiri hingga saat ini sudah menjalani sebanyak tujuh seri balapan. Sedangkan untuk mengikuti lomba jet dart ini, pihak Rio Haryanto sendiri baru sanggup membayar untuk satu musim sebesar 8 juta euro kepada pihak Manor, dengan rincian dimana 5 juta euro berasal dari sponsorship Pertamina, sementara itu 3 juta euro didapat dari Kiky Sport.

“Rio kan seharusnya bayar ke Manor sebesar 15 juta euro untuk satu musim. Tapi, karena saat itu pihak kami masih belum dapat biaya untuk mengikuti satu musim jadi akhirnya dibagi jadi dua, setengah season sudah kami bayar, setengah season lagi menunggu konfirmasi,” kata Indah, Rabu (15/6/2016).

Indah pun juga mengatakan, batas waktu untuk konfirmasi mengenai nasib Rio sendiri sebenarnya jatuh pada bulan April lalu. Namun, pihak Manor kembali memberi kelonggaran sampai tiga minggu ke depan.

Indah pun juga mengatakan kemungkinan terburuk jika pihaknya tidak segera memberikan konfirmasi untuk keikutsertaan Rio di season paruh kedua. Hal ini tak lain adalah pihak Manor berhak mencari pembalap lain yang sanggup memenuhi pembayaran yang diinginkann Manor.

“Ya, dalam waktu dekat karena jika kita tidak ada sponsor lagi, Manor pun akan cari pebalap lain. Jadi Rio hanya bisa sampai balapan di GP Hongaria, atau balapan ke-11.” ujarnya.