Jersey EURO Inggris Buatan Indonesia, Media Inggris Miris Nasib Buruh

Jersey EURO Inggris Buatan Indonesia, Media Inggris Miris Nasib Buruh

KabarDunia.com – Inggris adalah salah stu tim unggulan di nanti, tapi tahukah kamu jika jersey yang nantinya digunakan oleh Wayne Rooney cs adalah buatan Indonesia?. Meskipun Indonesia tidak mengikuti ajang empat tahunan tim-tim eropa tersebut, namun rupanya hal ini secara tak langsung membuat Indonesia bangga karena ikut memeriahkannya walau hanya lewat jersey.

Hal inilah yang akhirnya membuat salah satu media Inggris, The Sun sampai berangkat ke Indonesia untuk melakukan kunjungan khusus. Namun rupanya kunjungan ini berubah menjadi sebuah investasi yang mengejutkan, tatkala mereka mengetahui bahwa terjadinya ketidakseimbangan harga yang terjadi antara harga jual dari jersey tersebut dibandingkan dengan updah dari para buruh yang bekerja untuk membuatnya.

The Sun pun menyebutkan jika jersey timnas Inggris yang digunakan selama Euro 2016 nanti di Prancis bakal dijual dengan kisaran harga 60 poundsterling (Rp. 1,1 juta) untuk per potongnya.

Sedangkan itu upah untuk para buruh pembuatnya yang bekerja di perusahaan tekstil di Semarang tersebut hanya di kisaran 165 poundsterling (Rp. 3,1 juta) untuk setiap bulannya.

Ketika The Sun mencoba mewancarai salah seorang pekerja di pabrik tersebut mengenai harga jual dari jersey produksi mereka setiap potongnya, pekerja yang meminta namanya dirahasiakan itu pun langsung terkejut dan berkata “Itu hampir setengah dari gaji kami selama sebulan,”.

Tak sampai disana saja, The Sun pun juga menuliskan beberapa hal yang membuat mereka cukup ironi dengan kondisi para pekerja perusahaan tersebut, seperti misalnya tempat tinggal dari pekerja yang juga memproduksi jersey Barcelona dam PSG yang dianggap masih kurang layak.