Hedy Lamarr, Ilmuwan Matematika serta Artis Cantik Samson dan Delila

Hedy Lamarr, Ilmuwan Matematika serta Artis Cantik Samson dan Delila

KabarDunia.com Ada banyak sekali artis yang cantik tetapi tahukah anda kalau dulu ada seorang artis yang tak hanya cantik tapi juga jenius? Jika anda belum mengetahui dia adalah Hedy Lamarr seseorang yang pada hari ini tepat berusia 101 tahun itu muncul sebagai Google Doodle pada halaman depan mesin pencari terbesar didunia ini.

Sebagian bahkan hampir seluruh pembaca mungkin sangat asing dengan sosok wanita yang cukup jenius dibidang matematika ini. berdasarkan dari informasi yang telah dilansir langsung dari harian Telegraph, Hedy Lamarr tak lain adalah seorang aktris yang cukup terkenal pada masanya. tak hanya wajahnya yang cukup rupawan, artis ini juga dikenal sebagai ahli matematikawan. maka jangan heran jika dulu dara kelahiran Wina, Austria, 9 November 1914 ini dikenal dengan gelar `brain and beauty`.

Wanita yang aslinya memiliki nama Hedwig Eva Maria Kiesler ini rupanya pertama kali dikenal oleh masyarakat karena kontribusinya yang cukup besar dalam penemuan komunikasi nirkabel disaat ia hendak meredakan berbagai ancaman militer yang terjadi selama di Perang Dunia II.

Pada saat itulah, ia akhirnya berhasil mengembangkan sebuah versi awal dari teknologi komunikasi berbasis spektrum yang pada akhirnya bakal menjadi sebuah konsep dasar teknologi nirkabel seperti misalnya Bluetooth dan WiFi.

Hedy Lamarr, Ilmuwan Matematika serta Artis Cantik Samson dan Delila 2

Selain prestasinya yang cukup gemilang di dunia teknologi, kiprah dari Hedy Lamarr di dunia entertainment pun juga begitu menggema. pada awalnya, ia dikenal karena membintangi sebuah film yang berjudul Ecstasy pada tahun 1933. Usai film pertamanya itu, namanya pun ternyata langsung melambung tinggi karena perannya yang cukup menantang dalam film itu, yakni tampil secara vulgar tanpa ada satu helai benang.

Tak hanya disitu saja, nama Hedy Lamarr pun juga langsung meroket di ranah bintang papan atas, Hollywood. Ia pun akhirnya meneken kontrak dengan salah satu studio film yang cukup terkenal di kawasan Amerika Serikat (AS), yakni Metro Goldwyn Meyer (MGM).

Dimulai tahun 1940 sampai tahun 1949, ia berhasil tampil di 18 judul film yang mampu membuat namanya panggung dunia perfilman menjadi sangat diperhitungkan. Selepas kontraknya di MGM, nama Hedy Lamarr pun akhirnya kembali melejit dan akhirnya mendulang sukses besar yang cukup fenomenal lewat salah satu judul filmnya, Samson dan Delilah pada tahun 1949 silam.