Akibat Cerita Hoax Foto Ini, Model Wanita Itu Kehilangan Rp 1,6 Milyar

Akibat Cerita Hoax Foto Ini, Model Wanita Itu Kehilangan Rp 1,6 Milyar

KabarDunia.com Masih ingatkah Kamu dengan gambar di atas? Gambar tersebut merupakan potret keluarga yang biasanya dijadikan meme dengan tagline “Satu-satunya faktor yang Kamu butuh khawatir merupakan bagaimana untuk mengumumkan ini ke anak-anak”.

Potret itu mungkin menjadi hiburan bagi netter. Tetapi bagi model Taiwan yang dipotret di dalamnya, Heidi Yeh, gambar itu sudah membikinnya kehilangan tak sedikit pekerjaan baik di Taiwan mau pun di luar negeri.

Yeh awalnya hanya dikontrak oleh penyuplai model dan penyuplai iklan J. Walter Thompson (JWT) untuk pemotretan suatu klinik kosmetik. Menurut kontrak, ia mengklaim bahwa gambar hanya bakal dipakai dalam bentuk cetak. Klinik kemudian memakai gambar itu kembali untuk pemasaran iklan online jadi gambarnya mulai menyebar ke dunia maya.

Akibat Cerita Hoax Foto Ini, Model Wanita Itu Kehilangan Rp 1,6 Milyar 2

Tetapi faktor itu berkembang menjadi permasalahan ketika timbul cerita palsu dari seorang pria yang menggugat istrinya sebab anak-anak mereka terlalu jelek diterbitkan oleh tabloid Heilongjiang. Gambar itu pun ramai menjadi meme dan semakin beredar viral.

Dampaknya, Yeh kehilangan potensi penghasilan mencapai 4 juta NTD (atau 785.000 yuan/ Rp1,6 miliar) sebab penolakan agensi bakat. Ia bahkan dituduh menutupi pernikahannya dan melakukan robek plastik. Model cantik itu pun saat ini menutut kompensasi kemenyesalan 5 juta NTD.

Tetapi JWT menyebutkan bahwa pihaknya sudah memperoleh hak cipta utama untuk gambar itu, artinya sah-sah saja jika gambar diubah alias dimodifikasi. Mereka juga siap dengan tim hukum untuk menuntut balik Yeh atas tuduhan merusak citra perusahaan.