Sejarah 101 Tahun Silam, Awal Mula Lampu Lalu Lintas Ditemukan

Kapan lampu lalu lintas pertama kali ditemukan

KabarDunia.com Kapan pertama kali lampu lalu lintas ditemukan? mungkin anda akan tahu jawabannya jika membuka mesin pencari Google hari ini, karena pada hari ini Google Doodle di desain khusus dengan tampilan animasi lampu lalu lintas yang saat ini sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-101. Sistem lampu lalu lintas yang pertama kali anda temukan saat membuka halaman Google adalah sebuah animasi yang berbentuk sebuah gambar mobil yang sedang berhenti ketika lampu lalu lintas di jalan raya sedang menunjukkan warna merah, dan kemudian mobil itu akan berjalan saat lampu di jalan raya tersebut berubah warna menjadi warna hijau.

Lampu lalu lintas sendiri untuk pertama kalinya diperkenalkan pada publik pada tahun 1868, Saat itu perkembangan teknologi mesin sudah mulai berkembang dan digunakan oleh orang-orang dalam membantu kehidupan. Pada saat itu lampu lalu lintas untuk pertama kalinya dipasang di London teatnya didekat Gedung Parlemen. Hanya saja, kala itu lampu lalu lintas yang dipasang untuk pertama kali tersebut hanya memiliki dua macam warna, yaitu warna hijau dan merah. Pada awal mulanya Lester Farnsworth Wire sang penemu lampu lalu lintas hanya ingin berbagi keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Kemudian Garrett Augustus Morgan yang tak lain adalah seorang warga negara AS pun mulai berupaya untuk membikin sebuah lampu lalu lintas yang didesain agar bisa dipakai dengan mudah serta aman. Hal ini dilakukannya karena pada kala itu ia tanpa sengaja menyaksikan sebuah tabrakan yang yang terjadi terhadap sebuah mobil dengan kereta kuda. Peristiwa itu pun bisa terjadi lantaran pada saat itu system dari penyusunan lalu lintas hanya menggunakan dua buah tanda yaitu tanda stop and go.

Ia pun kemudian mulai membikin sebuah lampu jalan raya tambahan yang berbentuk semacam huruf T. Pada lampu penemuannya kali ini sudah terdiri dari 3 lampu dengan menampilkan warna yang jauh berlainan, yakni ada tanda stop yang pada saat itu diwarnai dengan sebuah lampu merah, tanda go yang diwarnai dengan lampu hijau, serta posisi stop yang diwarnainya dengan lampu kuning. Lampu kuning sendiri ditujukan sebagai pemberi jeda ketika akan mulai berjalan maupun mulai berhenti. Pada Llampu kuning sendiri juga berbagi kesempatan untuk berhenti serta memberikan waktu sebagai tanda untuk mulai bersiap dan berjalan perlahan.

Kapan lampu lalu lintas pertama kali ditemukan
Lampu lalu lintas sendiri memiliki tak sedikit variasi, tergantung dari mana adat negara yang sedang menggunakannya serta kebutuhan spesial yang ada di perempatan khusus. Misalnya adalah lampu jalan raya spesial untuk pejalan kaki, maka lampu jalan raya dibuat khusus pemakai sepeda, kereta, bus dan lain sebagainya. Urutan untuk lampu yang dipasang pun juga bisa jauh berbeda, hal ini karena disesuaikan dengan adat yang ada disetiap negaranya, yang terpenting adalah bisa memberikan rasa aman serta nyaman kepada para pemakai jalan.

Dengan lahirnya penemuan-penemuan pada masa lalu yang berhasil memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengendara, bisa dipakai hingga sekarang serta terus dikembangkan agar bisa menghindari terjadinya kecelakaan dijalan raya. Perkembangan pada teknologi pun saat ini masih terus dikembangkan demi memberikan rasa nyaman dan aman kepada para pengguna jalan.