Chappie, Si Robot Cerdas Tak Bisa Bunuh Manusia?

Chappie, Si Robot Cerdas Tak Bisa Bunuh Manusia?

KabarDunia.com – Sebuah film anyar besutan dari Neill Blomkamp yang berjudul Chappie, sebuah film dengan teknologi hebat serta beberapa Artifical Intelligence Robot (A.I. Robot) atau robot cerdas. Pada film yang dibintangi oleh salah satu bintang ternama Hollywood yakni Hugh Jackman, seolah mengumumkan pada dunia bahwa robot merupakan salah satu solusi untuk berbagai macam masalah, sementara manusia justru yang merupakan penjahatnya.

Sebetulnya A.I. Robot telah menemani manusia hari demi hari di era modern saat ini. seacara fiksi ilmiah, robot cerdas tersebut sebetulnya dibuat dengan cara menyetarakan performa, keterampilan serta kecerdasan yang sengaja dibuat hampir setara dengan manusia pembuatnya. Tetapi, yang mengkhawatirkan dari mereka ialah saat mereka dapat memodifikasi diri mereka sendiri menjadi lebih pintar serta cerdas karena keingintahuan mereka yang sangat besar.

Mungkin faktor tersebut dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi manusia. Tetapi, apa yang terjadi jika mereka mempunyai hasrat ingin menguasai dunia?

Sebetulnya A.I. Robot hanyalah suatu  teknologi yang diatur dengan komputer. Keinginan tersebut dapat terjadi jika, manusia tak dapat mengendalikan sistem adaptasi pada robot yang dmereka buat sehingga robot tersebut lepas kendali menurut Wolfgang Fink, salah seorang pakar robotik di University of Arizona,  seperti yang dikutip dari NbcNews, Kamis (5/3/2015).

Menurut Wolfgang Fink, jika robot A.I telah mempunyai pemikiran yang seperti tersebut, sebetulnya dengan cara sadar diri A.I. Robot tak mengerti sepenuhnya mengapa mereka berniat menghancurkan umat manusia. Mereka tak mempunyai faktor yang butuh dilindungi. A.I. Robot hanya mempunyai anggapan bahwa mereka bakal `memperlakukan manusia layaknya manusia memperlakukan makhluk lain di planet ini`

Jadi, sebetulnya siapa yang membunuh manusia? Belum sukses menebaknya? Mungkin di film Chappie ini bakal memberikan gambaran bahwa manusia-lah yang berlaku sebagai penjahat.