Ritual Tiwah, Ritual Kematian Tanpa Kesedihan

Rtual Tiwah, Rituah Kematian tanpa Kesedihan KabarDunia.com_Rtual-Tiwah-Rituah-Kematian-tanpa-Kesedihan_KabarDunia.com- Jika kematian biasanya diselimuti dengan kesedihan dan air mata pada umumnya, namun di daerah Kalimantan tengah,kematian justru dirayakan dengan suka cita tanpa sedikitpun kesedihan.

Ritual Tiwah,begitulah ritual itu disebutnya. Sebuah prosesi menghantarkan sanak keluarga yang telah meninggal dunia ke alam baka dengan cara yang unik. Dipenuhi dengan tari-tarian dan penusukkan kerbau dengan menggunakan tombak.

Ritual Tiwah harus dilakukan oleh sanak keluarga yang ditinggal orang yang meninggal dunia, jika mereka ingin orang yang meninggal dari keluarganya ingin bersemayam dengan tenang di dalam syurga.

Ritual tiwah menjadi suguhan bagi para wisatawan yang berwisata di pulau borneo- kaiantan- tepatnya di kota sampit Kalimantan tengah. Ritual yang berlangsung selama lima hari lima malam dengan tanpa ada seorangpun dari sanak keluarga yang boleh teridur selama ritual tiwah berlangsung.

Mayoritras msyarakat sampit yang beragama hindu meyakini, bahwa roh leluhur yang dirayakan dengan ritual tiwah akan tenang dan merasa tentram dialam baka.