Bank Sampah, Solusi Cerdas Atasi Permasalahan Sampah

Gerakan-Pungut-Sampah-KabarDunia.com – Sampah memang selalu menjadi permasalahan yang menjamur disetiap kehidupan dimanapun tempatnya. tak pandang berada di pedesaan atau bahkan di daerah perkotaan.

Pemandangan yang dipenuhi dengan sekumpulan sampah yang berserakan serta bau tak sedap yang muncul akibat tumpukan sampah yang tak menentu jenisnya.

Ketika membicarakan sampah, terkadang seseorang yang menyuarakan sampah dikatakan hanya beraspirasi semata tanpa ada bukti. Beraspirasi adalah sebuah jalan yang menginspirasi dan menggerakkan orang lain untuk ikut bersama sama peduli terhadapa kelestarian alam.

Bank Sampah, mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk megatasi permasalahan sampah yang ada di kehidupan manusia. Dengan mendirikan kelompok yang perduli dengan sampah maka dengan Bank Sampah adalah solusi yang dapat merubah pola pikir sebagian besar masyarakat untuk lebih memilah dan meili limbah dari kehidupan rumah tangga mereka.

Bank Sampah adalah  sebuah gerakan masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang sudah dibedakan jenis jenisnya. Baik yang Organik hingga Non Organik. Dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat para pengepul sampah.

Bank sampah dikelola menggnakan sistem yang sama dengan perbankkan. Penyetor adalah warga yang menabung sampah yang akan mendapat upah dari sampah yang dikumpulkannya, sedangkan upah yang diberikan dapat berupa uang tunai atau berupa tabungan yang dikerjakan secara kerjasama dengan perusahaan  bank konvensional.

Sudah saatnya gerakan Bank Sampah digulirkan disetiap penjuru daerah di Nusantara. Menciptakan Indonesia yang bersih dari sampah akan dapat tercipta ketika kita mau peduli terhadap lingkungan kita,

Menguruk tumpukkan sampah dan menyulapnya menjadi tempat indah tak sekedar cukup, ketika pola pikir masyarakat tidak dirubah dengan mau diajak bekerja sama. (A_Art)