Fakta dan Sejarah di Balik Google Doodle Siapakah penemu televisi?

Siapakah Penemu Televisi? John Logie Baird

KabarDunia.com – Jika anda penasaran mengenai Siapakah penemu televisi? tentu sebagian dari kalian sudah mengenalnya, yap! dia adalah John Logie Baird. John adalah seorang pria yang lahir di Helensburgh, Skotlandia pada tahun 1888. Dia merupakan pengusaha yang bekerja di London. namun saat usianya menginjak 35 tahun ia jatuh bangkrut. dan ia pun memutuskan untuk pindah ke kasawan Hastings, Sussex. (Baca: Siapakah penemu televisi? Google Doodle Hari Ini Kenang John Logie Baird)

Pada tahun 1894, seorang ilmuwan bernama, Heinrich Hertz berhasil menemukan sebuah teori tentang adanya gelombang elektromagnetik yang bisa bergerak di udara dan memiliki kecepatan suara namun tidak bisa dilihat dengan mata. Guglielmo Marconi pun akhirnya dapat memanfaatkan gelombang ini untuk menemukan radio untuk pertama kali pada tahun 1896.

Terinspirasi dari penemuan itu pula, John Logie Baird akhirnya ingin membuat sebuah alat yang dapat mengirim gambar dan suara. Usai berkali-kali mencoba, akhirnya pada tahun 1924 percobaannya John Logie Baird berhasil. Dia akhirnya bisa mengirimkan gambar salib meski hanya dengan jarak 3 meter. kemudian dia pun memutuskan untuk pergi ke London.

Ulang tahun demonstrasi televisi pertama ke-90
Pada tanggal 2 Oktober 1925. John Logie Baird akhirnya berhasil mentransmisikan sebuah gambar wajah anak laki-laki yang ia kirim dari satu ruangan menuju ke ruangan yang lain.

Pada tanggal 26 Januari 1926 dia pun membawa penemuannya tersebut dan mendemonstrasikannya di Institut Kerajaan (Royal Institution) yang ada di London. Ini merupakan demontrasi televisi yang pertama kali di dunia. Saat itu komponen dari televisinya pun masih menggunakan sebuah cakram putar yang berlubang. hal ini berguna untuk mengubah dari cahayaluar menjadi sebuah garis. Penemuan John Logie Baird ini pun disambut dengan baik dan ia mendapatkan sebuah kontrak kerja dari salah satu radio di Inggris, BBC (British Broadcasting Company). Pada tahun 1929 BBC akhirnya mulai menggunakan peralatan dari ciptaan John Baird ini untuk menggelar siaran televisi yang pertama kalinya. Pada tahun 1931 BBC pun juga berhasil melakukan sebuah siaran langsung pertama kali di dunia.

Sejak saat itu ilmu pengetahuan pun semakin berkembang pesat. dan pada tahun 1933 akhirnya muncul pemanfaatan sebuah tabung sinar katoda yang mana bisa digunakan sebagai pembuatan televisi. Penemuan ini pun ternyata membuat teknologi pertelevisian semakin maju. Pada tahun 1936 BBC tidak lagi memakai alat-alat yang telah dibuat oleh Baird lagi, tetapi mereka menggunakan penemuan terbaru Amerika Serikat.

John Logie Baird sendiri akhirnya meninggal dunia di kawasan Bexhill pada tanggal 14 Juni 1946 silam. Meskipun teknologi penemuan Baird sudah tak digunakan lagi, namun gagasan serta apa yang telah ditemukannya tersebut telah memelopori lahirnya dari televisi modern saat ini. ia pun akhirnya diberi julukan “Bapak Televisi”.