4 Ide Partisi Menarik untuk Memisahkan Ruangan

4 Ide Partisi Menarik untuk Memisahkan Ruangan KabarDunia.com_4-Ide-Partisi-Menarik-untuk-Memisahkan-Ruangan_

KabarDunia.com Ada banyak perubahan terjadi di dunia ini. Begitu juga dengan desain interior rumah-rumah modern. Harga tanah yang terus melambung dan ukuran tanah yang semakin sempit memaksa banyak orang untuk memutar otak agar bisa membangun hunian yang nyaman di tempat yang sempit tersebut. Satu dekade belakangan ini, banyak rumah di desain dengan konsep loft yang menjadi satu. Misalnya, antara ruang tamu dan ruang keluarga dibiarkan Los begitu saja tanpa dibatasi dengan tembok.

Banyak juga rumah-rumah yang menempatkan ruang makan, ruang keluarga, dan dapur di satu tempat. Biasanya, mereka hanya menggunakan partisi ruangan untuk memisahkan tempat-tempat tersebut agar tidak mengganggu pandangan.

Bagi kamu yang kebetulan punya rumah seperti ini dan ingin membuatnya terlihat lebih menarik, kamu bisa mencoba 4 ide partisi ruangan berikut ini.

Gunakan lemari untuk memisahkan sebuah ruang yang lebar menjadi dua atau tiga bagian

Partisi ruangan yang satu ini merupakan yang paling sering kita temukan dimanfaatkan untuk memisahkan sebuah ruangan. Fungsi lemari yang bisa digunakan untuk menyimpan benda-benda maupun untuk memamerkan benda (lemari hias) sangat efektif untuk mempercantik ruangan sekaligus membuat ruangan jadi lebih simpel dan rapi.

Ukuran lemari yang tidak kecil membuatnya terlihat sangat tepat apabila dipilih untuk mempartisi sebuah ruangan. Karena lemari akan terlihat layaknya sebuah dinding yang besar dan kokoh.

Memisahkan sebuah ruangan dengan menggunakan lantai

Cara lain yang bisa dicoba untuk membedakan antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya adalah dengan memanfaatkan material lantai atau warna lantai yang berbeda-beda. Misalnya, kamu bisa menggunakan ubin yang sama untuk ruang keluarga maupun ruang tamu dengan hanya membedakan warnanya saja.

Selain itu, ruangan juga bisa dipisahkan dengan menggunakan lantai dari bahan yang berbeda-beda. Contoh kemana jika dapur di melapisi dengan lantai berbahan keramik, maka ruang lain bisa dilapisi dengan lantai yang terbuat dari kayu.

Memisahkan ruangan dengan menggunakan kolom

Kolam bisa dimanfaatkan untuk memisahkan dua ruangan karena dapat menghasilkan pembagian visual. kamu bisa menciptakan sebuah kolom di ruangan tertentu menggunakan lemari atau meja. Tidak harus berukuran besar, lemari atau meja yang dipilih dapat saja berukuran kecil namun terlihat cukup mencolok dan bisa menguatkan kesan kolom yang diinginkan.

Sofa atau kursi juga bisa dimanfaatkan untuk membedakan dua buah ruangan

Membedakan antara ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat bisa dilakukan dengan menggunakan sofa atau kursi. Menempatkan sofa panjang di tengah-tengah antara ruang tamu dan ruang keluarga bisa jadi pilihan tepat jika kamu ingin rumah tetap terlihat luas sehingga pemandangan tidak terkesan sempit.

Jika ingin memanfaatkan sofa atau tempat duduk sebagai partisi, pastikan kamu hanya menempatkan sofa di satu ruangan saja. Hindari menggunakan dua sofa yang berbeda sebagai partisi karena akan membuat rumah terkesan rame dan penuh.

Misal, jika sofa akan ditempatkan di ruang tamu, maka sebaiknya ruang keluarga diisi dengan karpet atau hambal yang bisa digunakan sebagai tempat duduk dan bersantai.

Gorden

Jika sebagian besar waktu di rumah hanya digunakan oleh anggota keluarga saja, kamu mungkin ingin menggunakan gorden untuk memprediksi ruangan. Karena gorden bisa dengan mudah dibuka tutup atau digeser jika dibutuhkan. Modern ini, semakin banyak pilihan gorden menarik yang didesain cantik layaknya gorden-gorden istana.

Agar tidak mengajukan suasana, pilihlah gorden sesuai warna dinding atau yang bisa klop dengan nuansa pada dua ruangan yang dipisahkan tersebut.