Cara Menghilangkan Bau Yang Mengganggu Pada Helm

cuci helem

KabarDunia.com –  Bagi pengedara motor, Helm merupakan sebuah komponen keselamatan dalam berkendara yang paling utama, helm juga berfungsi untuk menghindari cahaya matahari berlebihan, panas maupun debu dan polusi di jalan raya.

Tetapi dengan fungsinya yang sangat utama dalam berkendara tersebut sering kali pengguna merasa tidak nyaman oleh bau apek yang muncul pada helm. Dengan begitu akan mempengaruhi kosentrasi dalam berkendara walaupun tidak secara langsung membahayakan keselamatan penggunanya.

Walaupun akhir-akhir ini sudah banyak tempat khusus untuk mencuci helm, namun kebanyakan pengguna tidak mempunyai waktu untuk pergi ke tempat cuci helm, karena banyak kegiatan lain yang lebih berguna dan juga karena biaya juga membuat orang males untuk pergi ke tukang cuci helm.

Untuk mengatasi bau apek pada helm adalah dengan cara mencucinya sendiri dengan cukup mudah, dengan hanya menggunakan peralatan seperti lap maupun sampo bayi. Ikuti langkahnya dibawah ini:

1.      Lepas Kaca dan Busa Helm

mencuci helm

Perlu di ingat bagian dan posisi saat melepas supaya tidak kebingungan saat mau memasangnya kembali. Siramlah helm dengan air hangat dari semua arah.

2.      Cuci Dengan Sampo Bayi

cara membersihkan helm

Cucilah bagian helm dengan sampo bayi dan gosoklah dengan tangan atau lap lembut kemudian dibilas kembali dengan air bersih, jika masih terasa kurang bersih ulangilah sampai beberapa kali sampai benar-benar bersih.

3.      Keringkan

Setelah di bilas dengan air, keringkan Helm dengan sinar matahari atau dengan kipas angin.

4.      Bersihkan Kaca

Cara membersihkan kaca helm adalah dengan mengusapkan Busa atau kain yang lembut pada permukaan kaca yang di campurkan dengan air hangat dengan sabun.
Setelah semua bagian pada helm sudah dibersihkan dan dikeringkan, maka pasang dan rakit kembali helm seperti biasa dengan benar. Supaya terhindar dari bau apek lagi pada helm anda, maka lakukanlah cuci helm seperti diatas minimal satu kali dalam sebulan.