5 Faktor yang Menyebabkan Kuku Kamu Rapuh

5 Faktor yang Menyebabkan Kuku Kamu Rapuh

KabarDunia.com Pernah kesal sebab susah memanjangkan kuku yang seringkali patah? Tenang, ada berbagai argumen dibalik kuku yang mudah sekali patah seperti umpamanya kekurangan konsumsi zat besi.

Coba perhatikan apa saja yang menjadi penyebabnya, semacam yang dikutip Prevention, Kamis (2/4/2015) berikut ini:

1. Kekurangan zat besi

Ella Toombs, MD, Dokter kulit bersertifikat di Washington, DC, mengatakan, kuku yang mudah sekali patah biasanya identik dengan rendahnya tingkat kadar zat besi alias anemia. Kamu tahu, zat besi dapat menolong membentuk hemoglobin, sel darah merah yang akan mengangkat oksigen ke seluruh tubuh termasuk di dalamnya kuku.

2. Terlalu sering mengetik

“Jika kuku Kamu melakukan kontak dengan keyboard atau pun layar ponsel secara berulang-ulang, faktor itu dapat merusak kuku,” kata Toombs.

3. Kurang lotion

Ellen Marmur, MD, Ahli Dermatologi di Mount Sinai di New York City, mengatakan, kulit yang kering dapat menyebabkan kutikula juga menjadi kering. Faktor ini juga akan berimbas pada kuku kamu. Kulit yang kering biasanya bakal membikin kuku mudah patah serta retak.

4. Terlalu lama memakai kuteks

Semua jenis kuteks mengandung pengeras yang sangat berpotensi menyebabkan kuku mudah sekali patah. Tidak hanya itu saja membiarkan kuteks terlalu lama juga dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya semacam gangguan saraf serta kanker.

5. Kurang vitamin B

Vitamin B tak sedikit dipuji sebab dapat menguatkan rambut serta kuku. Suatu  studi yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa dengan mengonsumsi 2,5 mg vitamin B setiap hari dapat menguatkan kuku serta mengurangi kerapuhan sampai 6-9 bulan.