Mengupas Penyebab Bau Pada Kaki Serta Cara Mengatasinya

Mengupas Penyebab Bau Pada Kaki Serta Cara Mengatasinya

KabarDunia.com Bromodosis atau kaki bau adalah salah satu persoalan paling umum yang sering dihadapi sebagian orang. Bahkan bagi orang yang sangat perhatian terhadap kebersihan pun dapat terkena problem yang satu ini.

Lalu apa penyebab kaki bau?

Menurut pakar podiatri ketua Society of Chiropodists and Podiatrists melewati website WebMD, Lorraine Jones, kaki yang mengeluarkan bau, pada umumnya dikarenakan keringat berlebih yang dihasilkan kemudian menjadikan sepatu basah saat digunakan.

Bakteri di kulit kaki ikut berpindah bersama keringat. Kemudian tidak lebihnya udara membikin bakteri tersebut aktif meperbuat proses pembusukan keringat. Muncullah aroma tidak sedap di tahap yang terbungkus alas kaki.

Apa yang menyebabkan kaki mudah berkeringat?

Tidak hanya aktivitas yang tinggi serta suhu udara yang dapat menyebabkan kelenjar keringat di dalam tubuh aktif. Produksi keringat yang berlebih juga dapat dikarenakan oleh berbagai faktor berikut:

1. Ketidakstabilan hormon

Perubahan pada hormon, biasanya ada pada wanita hamil serta remaja yang juga dapat menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih.

2. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis ialah produksi keringat jadi berlebih yang dipicu sebab kondisi stres.

Bagaimana caranya mencegah kaki bau?

Menurut Lorraine, menjaga supaya kaki masih segar sepanjang hari dapat dilakukan dengan berbagai macam cara berikut:

1. Jangan memakai alas kaki yang sama lebih dari dua hari

Bakteri dari keringat yang kemudian bersarang di sepatu bakal semakin berkembangbiak meskipun sepatu telah tidak digunakan. Jadi, meskipun Kamu baru mandi ketika mengenakan sepatu yang sama pada keesokan harinya, kaki Kamu bakal kembali menjadi bau.

2. Gunakan sepatu kulit atau kanvas

Alas kaki yang terbuka misalnya sepatu yang berbahan kulit serta kanvas bakal membikin kulit ‘bernapas’ lebih leluasa. Faktor ini juga berkegunaaan untuk mencegah bakteri serta jamur berkembangbiak lebih cepat.

3. Gunakanlah foot spray

Gunakanlah foot spray, bedak deo untuk pencegah aroma badan, atau pun produk antiperspirrant lainnya. Kamu juga dapat memakai deodorant spray guna menyegarkan kakimu sepanjang hari.

Itulah serba-serbi tentang bromodosis atau kaki aroma serta tutorial mencegahnya. Semoga berguna untuk Anda.