Cara Alami Mengatasi Ketombe Bandel di Rambut

Cara Alami Mengatasi Ketombe  Bandel di Rambut

KabarDunia.com – Ketombe ialah salah satu masalah yang terjadi pada kulit kepala yang menyebalkan dan sangat mengganggu. Dan ketombe yang telah parah bahkan bisa memunculkan luka, gatal bahkan sampai munculnya kutu. Tak hanya mengganggu, kehadiran ketombe juga tak jarang membikin seseorang menjadi tak  percaya diri dan merasa malu.

Munculnya ketombe sendiri sebetulnya dikarenakan oleh banyak sekali hal. Faktor tersebut antara lain merupakan kurang bersihnya rambut, bakteri dan kuman yang bersarang di rambut terlalu banyak bahkan bisa jadi karena alergi sebab salah memakai produk kebersihan untuk rambut baik itu shampo, vitamin atau conditioner. Lalu bagaimana cara untuk menanggulangi ketombe yang bandel di kulit kepala dengan cara mudah dan terjangkau serta aman? seperti yang dikutip dari laman rd.com, ada beberapa bahan alamiah yang mudah dan terjangkau serta rendah efek samping untuk atasi ketombe pada rambut. Bahan alamiah tersebut antara lain ialah:

1. Aspirin
Di dalam aspirin terkandung berbagai bahan aktif (asam salisilat). Bahan aktif inilah yang bisa membunuh ketombe pada kulit kepala Anda. Tutorial memakai aspirin lumayan mudah. Ambil dua butir aspirin lalu hancurkan hingga halus. Seusai menjadi bubuk, campurkan aspirin dengan shampo lalu gunakan ke rambut Anda. Diamkan selama 2-3 menit lalu bilas rambut hingga bersih. lakukan lagi metode ini setidaknya dua kali sehari supaya ketombe membandel bisa cepat teratasi dan hilang.

2. Minyak Pohon Teh
Suatu  studi menunjukkan bahwa minyak pohon teh mempunyai banyak sekali kegunaaan untuk kesehatan dan kecantikan termasuk didalamnya adalah soal kecantikan rambut. Untuk menggunakan minyak pohon teh sebagai obat ketombe, caranya lumayan mudah. Campurkan kira-kira 5 tetes minyak pohon teh ke dalam shampo yang bakal Kamu gunakan untuk keramas. dan ulangi cara ini secara teratur untuk hasil maksimal.

3. Soda
Bubuk soda mempunyai peran penting dalam menolong kulit rambut masih sehat terbebas dari ketombe. Ketika kulit kepala Kamu gatal sebab ketombe, gunakan bubuk soda untuk menanggulanginya. Caranya merupakan basahkan kulit kepala dan rambut lalu gunakan bubuk soda di dalamnya. Di dalam bubuk soda sendiri mengandung zat aktif yang bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab ketombe. Awalnya rambut terbukti bakal terasa kering, tetapi seiring berlangsungnya waktu rambut dan kulit kepala Kamu bisa sehat dan normal kembali.

4. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel sangat dipercaya mampu atasi ketombe pada kulit kepala. Zat asam yang terkandung dalam cuka sari apel mempunyai peran baik dalam membunuh kuman dan bakteri penyebab ketombe maupun kutu. Tutorial memakainya lumayan mudah. Campur seperempat cangkir cuka sari apel dengan satu gelas air lalu gunakan untuk membasahi kulit kepala. Tutup kepala dengan handuk dan diamkan kira-kira selagi 15 menit. Seusai berakhir, cuci rambut hingga bersih. Untuk hasil maksimal, perbuat faktor ini dengan cara selalu setidaknya dua hari sekali.

5. Minyak kelapa
Siapa yang tak mengetahui kegunaaan minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Tidak hanya bisa menjaga kehitaman rambut, melembutkan rambut dan menanggulangi kutu, minyak kelapa juga sangat baik untuk menanggulangi ketombe. Lumayan mudah menggunakan minyak kelapa ini. Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Usap minyak kelapa ke seluruh kulit kepala dan lakukan pijatan ringan pada bagian kulit kepala. Diamkan kurang lebih selagi 1 jam. Dan apabila telah, bilas rambut hingga bersih seperti biasa.

6. Jeruk Nipis
Vitamin C dan zat asam yang terkandung pada jeruk nipis sangat baik dalam menanggulangi ketombe. Tutorial memakai jeruk nipis sendiri sangat mudah. Ambil satu buah jeruk nipis lalu peras airnya. Saring air jeruk nipis pada suatu  wadah lalu gunakan air jeruk nipis ini untuk masker kulit kepala. Pijat pelan-pelan dan diamkan setidaknya selama setengah jam. Jangan lupa bilas rambut hingga bersih. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alamiah atasi ketombe tiga hari sekali. Tapi ingat, apabila terjadi iritasi hentikan perawatan kulit kepala memakai jeruk nipis.

7. Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan bahan alamiah yang sangat baik untuk menolong mendapatkan rambut cantik. Tidak hanya mampu menolong melebatkan rambut, menghitamkan rambut dan melembutkan rambut, lidah buaya juga berperan baik dalam menanggulangi ketombe bandel. Caranya lumayan mudah. Ambil satu helai lidah buaya, cuci hingga bersih lalu kupas kulitnya. Hancurkan daging lidah buaya hingga halus dan saring lendirnya. Lendir ini bisa Kamu gunakan untuk masker kulit kepala Anda. Untuk hasil maksimal, perbuat setidaknya dua hari sekali.

8. Bawang Putih
Sifat anti-jamur bawang putih sempurna untuk menghapus bakteri penyebab ketombe. Tutorial memakai bawang putih sangat mudah. Ambil berbagai siung bawang putih lalu haluskan. gunakan bawang putih yang telah dihaluskan pada kulit kepala Kamu dan diamkan kurang lebih 15 menit. Apabila sudah selesai, keramaslah seperti biasanya. Supaya bau bawang tak terlalu menyengat, Kamu bisa mencampurnya dengan minyak zaitun ataupun madu.

Ladies, itulah berbagai bahan alamiah yang bisa bantu Kamu lakukan agar kulit kepala dan rambut sehat bebas ketombe. Tapi ingat, apabila selagi memakai bahan alamiah ini kulit kepala mengalami iritasi, hentikan perawatan. Tak semua tipe kulit bakal tepat dengan bahan alami. Selamat mencoba ya 🙂