4 Keunggulan Membangun Mezzanine dalam Hunian

4 Keunggulan Membangun Mezzanine dalam Hunian

KabarDunia.com  Seiring bergantinya zaman, kebutuhan properti untuk setiap orang pasti akan bertambah kompleks. Tidak hanya sekedar dari aspek bangunan tempat tinggal saja, kebutuhan-kebutuhan lainnya juga datang dari berbagai aspek. Mulai dari aspek desain interior, fasilitas di sekitaran perumahan, teknologi, hingga tren nuansa ruangan.

Kebutuhan yang semakin kompleks ini menggerakan sejumlah developer untuk membuat terobosan-terobosan baru. Contohnya saja sebuah beberapa rumah di perumahan BSD City, Tangerang Selatan. Tidak hanya terobosan dari harga rumah terjangkau di beberapa proyek terbaru perumahan BSD City, keunikan lainnya pada perumahan BSD City tersebut juga terlihat dari desain bangunan berbeda dengan perumahan-perumahan modern yang dikembangkan di sekitaran kawasan pengembangannya. Yaitu dari sisi pengembangan ruangnya yang mengadopsi konsep mezzanine.

Konsep mezzanine memang bukan konsep yang baru diaplikasikan dalam era modern ini, namun saat diaplikasikan pada area ruangan, ruangan tersebut berkesan lebih modern. Secara sederhana, mezzanine merupakan sebuah ruangan ekstensi yang dibangun di antara lantai dasar dan bagian plafon dengan material khusus serta bersifat portabel.

Melihat dari pengaplikasian mezzanine dalam perumahan-perumahan di BSD City tentu berdasar pada sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Adapun beberapa keunggulan dari pengaplikasian area Mezzanine ini diketahui yakni;

Menambah Area Fungsional

Menambah area yang bersifat fungsional dikatakan menjadi keunggulan utama dari pembangunan area mezzanine pada interior hunian. Ada  beragam fungsi yang bisa Anda aplikasikan pada area tersebut. Dilansir dari portal properti global, Lamudi.co.id, beberapa fungsi dari mezzanine yang dapat diaplikasikan yaitu mulai dari tempat bekerja, area bermain, tempat beribadah, hingga gudang.

Tergolong Murah

Seperti yang telah disebutkan dalam langkah pembangunannya, area mezzanine dibangun dengan menggunakan material-material non semen atau cor. Material pembentuk dari semen diketahui membutuhkan biaya yang tergolong besar. Tidak hanya dari bahan baku seperti pasir, koral, dan semen, pembuatan area lantai coran tentu membutuhkan rangkaian besi beton dan sebuah cetakan dimana akan menambah biaya pembangunan. Mezzanine yang dibangun tanpa menggunakan material-material sebelumnya mengindikasikan dari sisi pemilihan material saja, pengeluaran biaya dalam pembangunannya tentu menjadi lebih murah. Dalam pengaplikasiannya pada hunian di seluruh dunia, mezzanine diketahui dibangun menggunakan material mulai dari baja ringan atau kayu jati.

Cocok Diaplikasikan Ke Berbagai Tema

Dalam proses renovasi rumah menjadi rumah bertingkat, tidak sedikit para pemukim mengalami situasi dimana nuansa atau tema interiornya berubah. Seperti misal rumah satu lantai yang awalnya bernuansa minimalis dimana identik dengan keleluasan dari tata ruang, ketika direnovasi menjadi rumah tingkat, aspek keleluasaan tersebut seakan menjadi menghilang. Jikalau pun menyesuaikan dari kondisi awal, pemukim yang merenovasinya harus memutar otak untuk membuatnya seirama.

Situasi ini yang terjamin tidak akan Anda alami jika mengembangkan area Mezzanine. Mayoritas pakar desain interior sepakat bahwa area ini dapat mengakomodasi beragam tema ruangan tanpa harus mengubahnya dari nol lagi. Mezzanine diketahui dapat mengakomodasi beragam tema rumah mulai dari minimalis, maksimalis, bohemian, rustic, hingga bertemakan shabby chic.

Meningkatkan Kesan Estetik dalam Interior Ruang

Tidak terlepas dari pemanfaatan area sesuai dengan fungsi yang Anda tentukan sebelumnya, pembangunan area mezzanine disebut dapat meningkatkan aspek estetik dari interior rumah Anda. Ada banyak kesan estetik yang dimaksud, apakah interior Anda menjadi lebih modern, lebih prestisius, lebih kekinian, lebih indah, hingga berkesan unik.

Meningkatnya kesan estetik pada hunian tersebut disebut juga dapat membuat Anda bangga dan betah dalam tinggal atau beraktivitas. Hal ini pun juga berlaku kepada aspek kenyamanan dari tamu pun yang berkunjung pada rumah Anda.