Resep Sederhana Martabak Manis atau Kue Terang Bulan

resep martabak manis keju KabarDunia.com_resep-martabak-manis-keju_

KabarDunia.comMartabak manis atau yang sering disebut dengan kue terang bulan merupakan jajanan yang sering dijual di pinggiran jalan ketika malam hari. Kue yang termasuk ke dalam jenis kue dadar ini bisa dikreasikan dengan berbagai rasa seperti kacang, ketan hitam, keju, meses, dan yang lainnya. Resep martabak manis cukup mudah untuk dimasak di dapur sendiri, sehingga anda bisa membuatnya kapan pun anda mau tanpa harus menunggu malam hari. Cemilan manis ini cukup banyak memiliki penggemar di tanah air.

Bahan-bahan untuk membuat martabak manis cukup sederhana, yaitu 600 ml air, 500 gr tepung terigu, 2 butir telur yang sudah dikocok, 125 gr gula pasir, 1 sdm margarin, 1 sdt baking powder, ¼ sdt pasta vanili, ½ sdt ragi instan, dan ½ sdt garam. Resep martabak manis untuk bahan isinya adalah 100 gr keju cheddar yang telah diparut, dan 60 ml susu kental manis. Untuk bahan isinya sendiri bisa anda kreasikan sesuai dengan favorit anda. Anda juga bisa memakai meses, ketan hitam, kacang tanah, kacang hijau, maupun bahan yang lainnya.

Cara membuat martabak manis adalah sebagai berikut. Pertama-tama campurkan bahan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, telur, garam, pasta vanili dan margarin cair. Setelah itu, tuangkan air secara perlahan sambil diaduk sampai merata dan semua bahan tercampur. Kemudian kocok adonan tersebut dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang, masukan baking powder, lalu aduk lagi sampai merata. Setelah itu, diamkan adonan selama minimal 40 menit dalam tempat yang tertutup. Setelah kurang lebih 40 menit, panaskan wajan anti lengket yang diatasnya telah diolesi margarin. Tuangkan adonan di atas wajan dan ratakan sampai menutupi permukaan wajan. Setelah keluar gelembung-gelembung pada adonan, tutup adonan tersebut sampai matang. Setelah itu, angkat dan keluarkan adonan dari wajan. Olesi permukaan adonan dengan margarin, kemudian taburi dengan keju parut cheddar, dan tuangkan juga susu kental manis putih. Lipat adonan tersebut menjadi setengah lingkaran, lalu potong-potong sesuai dengan selera anda. Itulah sedikit resep martabak manis sederhana untuk anda.