Resep Soto Ayam Gurih Dan Enak

resep soto ayam bening

KabarDunia.comResep soto ayam tiap daerah di Indonesia bervariasi. Mulai dari cita rasa dan juga tampilan pada soto ayam yang disediakan. Tetapi, pada dasarnya soto ayam memiliki bahan – bahan dan cara pengolahan yang sama saja. Cuma penambahan bahan dan perbedaan cara memasak saja yang dapat membuat soto memiliki bermacam – macam jenisnya. Nah,bagi anda yang ingin belajar membuatnya di rumah anda, berikut ini penulis akan memberikan bahan – bahan dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit membuatnnya dan tentu saja memiliki cita rasa yang gurih dan lezat yang menyaingi rasa dari rumah makan lain.

Siapkan 1 ekor daging ayam, 200 gram tauge atau kecambah yang sudah direbus sebentar, 50 gram soun yang telah direndam air panas, 200 gram tau kubis, 2 buah tomat, 3 buah telur rebus, 4 buah kentang, 2 liter air, dan bawang goreng secukupnya. Kemudian resep soto ayam juga sediakan bumbu, yaitu 2 lembar daun salam, 1 batang daun bawang, 2 buah batang serai, 2 sendok makan minyak goreng, dan 25 gram lengkuas. Dan siapkan juga bahan – bahan yang dihaluskan seperti, 5 gram kunyit, setengah sendok teh merica, 4 buah kemari, 2 sendok makan garam, 15 gram jahe, 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah. Apabila semua bahan sudah tersedia, lanjut cara pembuatan.

Cara membuatnya adalah pertama kali menumis bumbu yang sudah dihaluskan, tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian, rebus ayam di dalam panik dengan menggunakan bumbu yang sudah di tumis sebelumnya. Lalu, tambahkan lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan daun serai kedalam air rebusan ayam. Masak air tersebut hingga ayam menjadi matang dan empuk. Apabila daging ayam tersebut sudah empuk, anda dapat pisahkan daging ayam tersebut dari tulangnya, lalu tulang ayamnya dapat anda masukkan kembali ke dalam kuah. Diwaktu bersamaan, sediakan kol, soun, tauge dan bahan lainnya kedalam mangkuk saji. Dan tambahkan kuah dari resep soto ayam. Bagaimana rasanya? jika enak, tak ada salahnya jika anda juga mencoba resep sayur asem khas betawi untuk ujicoba selanjutnya.