Cara Membuat Resep Ayam Bakar Yang Lezat Dengan Mudah

resep ayam bakar kalasan KabarDunia.com_resep-ayam-bakar-kalasan_

KabarDunia.comResep ayam bakar cukup mudah dan tidak sulit dapat anda anda temukan di pasar atau bahkan sudah tersedia di dalam dapur anda. anda hanya tinggal membeli ayam segar, lalu dapat langsung membuatnya dengan mudah. Masakan ini bisa anda sajian sebagai menu pilihan ketika sedang ada acara kumpul keluarga atau sebagai masakan selingan harian anda. Bahan – bahan tentu tidak terlalu sulit, yang agak ribet yaitu mempersiapkan bakarannya saja untuk membakar ayam. Tentu saja, ini bukan masalah besar bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang sesuai.

Bahan utama ayam bakar yaitu 1 ekor ayam yang telah dipotong 8 bagian. Kemudian 1 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok teh garam. Lalu resep ayam bakar selanjutnya sediakan juga 2 batang serai, digeprek atau memarkan. 5 lembar daun jeruk, 2cm lengkuas yang digeprek atau memarkan, 4 lembar daun salam, 8 sendok makan kecap manis, 4 sendok makan air asem jawa, 2 sendok makan minyak goreng dan 250 ml santan yang dihasilkan dari 1 butir kelapa. Kemudian siapkan juga bumbu yang dihaluskan, yaitu 10 siung bawang merah, 7 siung bawang putih, 3 buah cabai,1 sendok ketumbar, 2 sendok jinten, 1 cm kunyit, 2 cm kencur, 1 sendok teh merica bubuk, 3 sendok makan gula jawa.

Apabila semua bahan sudah tersedia, lanjut cara membuatnya. Pertama – tama, ayam yang sudah di potong – potong haru dicuci bersih lalu disiram dengan air jeruk nipis yang sudah tersedia dan diberi garam. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci kembali ayam dan tiriskan hingga kering. Panaskan minyak goreng sedikit, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga menjadi harum, lalu masukkan ayam dan serai, daun jeruk, lengkuas, dan masukkan daun salam, masak ayam hingga berubah warnanya. Apabila sudah berubah warna, tambah kecap manis, dan aduk rata hingga ayam menjadi lunak dan angkat. Terakhir, panggang ayam hingga matang. Nah, begitulah resep ayam bakar.