Resep Rendang Khas Padang

resep rendang padang pariaman

KabarDunia.comResep rendang pada dasarnya tidak begitu sulit. Bagi sebagian anda bisa langsung dapat mempraktekkannya di rumah. sebagaimana yang telah kita ketahui, rendang adalah masakan khas dari Sumatera barat yaitu kota Padang. Masakan yang digemari dan diminati bagi sebagian besar masyarakat kita. Rendang yang sudah di terima dan cocok bagi lidah kita semua. Untuk membuat rendang buatan sendiri, tidaklah sulit. Anda dapat menyiapkan bahan – bahan yang dapat anda temui dipasaran. Bahan yang paling utamanya yaitu daging sapi. Nah, dalam pemilihan daging sapi, baiknya anda memilih daging sapi segar dan daging rendah lemak atau tidak memiliki lemak pada bagian daging.

Bahan utama yang dapat anda persiapkan adalah 1 Kg Daging sapi (potong menjadi beberapa bagian dengan tidak terlalu tebal dan lalu dicuci) dan 3 butir kelapa tua (diparut dan peras hingga menjadi santan). Pemilihan kelapa yang sudah tua ini bertujuan agar mengeluarkan minyak yang banyak. Kemudian, bahan bumbu untuk membuat resep rendang adalah 20 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 2 ruas jahe yang sudah dibersihkan, 1 sdt merica bubuk, 1 ons cabe merah. yang sudah digiling halus. Lalu sediakan juga bumbu tambahan seperti 3 cm laos (dikeprak hingga halus), 2 cm jahe, 1 ons cabe merah, 6 siung bawang putih, 15 siung bawang merah. Giling bahan tersebut menjadi halus.

Setelah semua bahan tersedia, lanjut pada cara membuat. Pertama, rebus santan kelapa bersama dengan bumbu resep rendang yang telah diolah lalu dapat ditambahkan daun salam, serta asam kandis. Kemudian aduk secara berkala hingga mengental. Mengaduk santan bertujuan agar santan tidak menjadi pecah. Lalu masukkan daging kedalam rebusan santan dan tambahkan bumbu tambahan ketika rebusan santan telah mengeluarkan minyak. Aduk – aduk dengan api yang kecil, apabila air santan mulai menyatu dengan daging. Lakukan hingga daging rendang menjadi bewarna kecoklatan. Angkat dan sajikan. Demikianlah sekilas tentang bahan dan cara pembuatannya.Selamat mencoba resep rendang.