Resep Membuat Sayur Asem yang Nikmat dan Segar

resep sayur asem jawa KabarDunia.com_resep-sayur-asem-jawa_

KabarDunia.comSayur asem merupakan salah satu masakan khas rumahan yang sangat cocok jika disajikan ketika siang hari saat cuaca sedang panas. Masakan dengan cita rasa asam, pedas, dan gurih ini memang banyak sekali menjadi favorit keluarga Indonesia, maka dari itu tak heran jika ada beberapa restoran maupun warung makan sederhana yang menambahkan sayur asem sebagai salah satu menu andalan warung mereka. pada umumnya, kami yakin sebagian dari anda pasti sudah mengetahui resep sayur asem ini, akan tetapi tidak ada salahnya jika dalam kesempatan kali ini kami memeberikan sedikit informasi mengenai cara membuat sayur asem bagi pembaca setia lainnya yang belum mengetahuinya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sayur asem biasanya adalah 100 gr pepaya muda dipotong-potong, 50 gr melinjo, 5 batang kacang panjang dipotong-potong, 50 gr daun melinjo, 4 lembar kol yang telah dibuang bagian kerasnya dipotong-potong, 2 sdm kacang tanah, 1 buah jagung manis potong menjadi 4 bagian, ½ buah labu siam potong dadu, ½ batang terong dipotong-potong, dan 2 liter air. Untuk bumbu sayur asem yang dihaluskan adalah 6 butir kemiri, 5 bawang merah, 3 bawang putih, 2 buah cabe merah, 2 sdt asam jawa, 1 sdm gula merah, ½ sdt terasi, dan garam. Resep sayur asem untuk bumbu yang lain adalah 2 lembar daun salam, 2 sendok gula merah, 1 ruas lengkuas yang telah dimemarkan.

Cara membuat sayur asem adalah sebagai berikut. Pertama-tama, masak air hingga mendidih, masukan sayuran yang keras-keras dahulu, seperti jagung, melinjo, dan kacang tanah, lalu rebus hingga lunak. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam dan lengkuas lalu tunggu sampai mendidih. Masukkan sisa sayuran yang belum dimasukkan, lalu cicipi. Tambahkan garam atau asam jawa agar masakan anda lebih segar dan nikmat. Setelah terasa mantap, angkat lalu sajikan hangat-hangat agar lebih mantap. Biasanya, sayur asem ditemani dengan lauk ikan asin dan sambal terasi. Anda juga bisa mencoba menghidangkan sayur asem dengan ikan asin dan sambel terasi, lalu rasakan sendiri kenikmatannya. Demikianlah resep sayur asem yang nikmat dan segar untuk anda. Selamat Mencoba.