Resep Mudah Membuat Risoles Isi Sayur

resep risoles mayonaise

KabarDunia.comRisoles merupakan jajanan kering yang sering kita jumpai di berbagai daerah. Risoles mirip dengan lumpia khas Semarang. Sering tidak bisa dibedakan antara risoles sayur dengan lumpia khas Semarang, kecuali orang-orang yang memang penggemar dari kedua makanan tersebut. Resep risoles isi sayur yang lezat sangat mudah untuk anda coba.

Bahan-bahan untuk membuat kulit risoles adalah 100 gr tepung terigu, 1 sendok makan margarin, 250 ml susu, 2 butir telur, dan yang terakhir garam secukupnya. Untuk bahan isinya adalah 3 buah wortel yang telah dipotong dadu kecil-kecil, 1 buah kentang yang telah dipotong dadu kecil-kecil, 1 batang daun bawang yang diiris tipis-tipis, 2 siung bawang putih yang dicincang halus, 1 butir telur, garam, merica, gula pasir, sedikit tepung terigu, dan minyak untuk menumis. Resep risoles memiliki bahan-bahan yang sederhana dan cara membuatnya yang sederhana pula. Isi risoles bisa disesuaikan dengan selera anda. Anda juga bisa menambahkan daging ayam maupun daging sapi sebagai bahan isi. Satu lagi, jangan lupa siapkan tepung roti sebagai lapisan luar.

Selanjutnya adalah dengan mencampurkan tepung terigu, margarin, susu, telur, dan tambahkan garam secukupnya. Aduk adonan tersebut hingga semua bahan tercampur dengan rata. Ambil dan tuangkan satu sendok sayur adonan lalu dadar dengan sangat tipis. Jangan lupa sisakan sedikit adonan sebagai perekat tepung roti. Untuk cara membuat isinya adalah sebagai berikut. Pertama tumis bawang putih sampai harum, masukkan kentang dan wortel lalu sedikit air, masak hingga empuk. Setelah itu, masukkan daun bawang aduk dengan rata. Masukkan telur dan aduk lagi sampai merata, lalu masukkan merica, garam, dan gula secukupnya dan masak hingga semua bumbu meresap. Selanjutnya cara membuat risoles adalah dengan memberi adonan isi pada setiap kulit risoles yang telah dibuat. Lipat risoles tersebut seperti amplop, celupkan pada adonan kulit risoles yang masih disisakan tadi, lalu masukkan ke dalam tepung roti, tekan-tekan dengan lembut agar tepung roti dapat menempel dengan rata. Yang terakhir goreng risoles ke dalam minyak panas dengan api sedang sampai risoles berubah warna menjadi keemasan. Angkat, tiriskan, dan risoles siap dihidangkan. Begitulah resep risoles isi sayur yang lezat dan sederhana. Selamat Mencoba.