Resep Bubur Ayam Enak dan Praktis

Resep Bubur Ayam Enak dan Praktis

KabarDunia.comBubur ayam merupakan makanan yang biasanya disajikan sebagai pengganti nasi untuk sarapan atau makan pagi atau juga biasa digunakan sebagai pengasup makanan bagi orang yang sedang sakit. makanan ini digemari oleh beberapa orang pencinta adonan nasi yang lembut dan lezat ini. Bubur ayam biasanya disajikan dengan kuah ayam yang lezat, seledri, bawang goreng, kedelai goreng, kecap manis, dan kerupuk. Bubur ayam banyak ditemukan di berbagai daerah, seperti bubur ayam jakarta, bubur ayam sukabumi dan lainnya, dan dalam artikel ini akan disajikan resep bubur ayam special yang enak dan praktis dan bisa anda coba praktikan di dapur anda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur ayam

250 gr beras, 2000 ml kaldu ayam, 1 sendok teh garam, satu lembar daun pandan. Bahan untuk kuahnya adalah 2 buah paha ayam dan memarkan tulangnya, ½ sendok makan garam, 2 cm jahe, 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu, 1000 ml air. Resep bubur ayam untuk membuat bumbu halus kuahnya adalah 6 butir bawang merah, 2 butir kemiri sangrai, 3 butir bawang putih, 1 cm kunyit yang dibakar, ½ sendok teh ketumbar, ¼ sendok teh merica bubuk. Bahan pelengkap agar lebih nikmat adalah 50 gr kerupuk, 75 gr kedelai goreng, 2 sdm kecap manis, 1 tangkai seledri yang telah dipotong halus, dan bawang goreng.

Langkah membuat bubur ayam

pertama adalah dengan mencampurkan kaldu ayam, daun pandan, dan garam dalam panci, kemudian rebus dengan api sedang. Aduk terus menerus sampai matang dan kental setelah itu, sisihkan. Langkah kedua adalah panaskan minyak ke dalam sebuah wajan, tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan kaldu ayam dan jahe, aduk hingga berubah warna. Langkah ketiga, tambahkan air, ayam, garam, dan kaldu ayam blok dan masak hingga mendidih dan berkaldu di atas api kecil. Angkat ayam, lalu goreng, dan suwir-suwir. Langkah terakhir adalah sajikan bubur ayam dengan kuah, suwiran ayam, dan bahan pelengkap agar lebih nikmat. Demikian dan praktis untuk anda coba sendiri di dapur rumah anda.