Ronde Titoni, Salah Satu Kuliner Legenda di Kota Malang

Ronde Titoni, Salah Satu Kuliner Legenda di Kota Malang

KabarDunia.com Malang memang memiliki banyak sekali makanan khas yang siap untuk menggoyang lidah Anda. Bukan hanya ragam makanan berat, namun juga makanan ringan bahkan sampai yang melegenda pun sampai saat ini masih bisa dengan mudah Anda temukan di sejumlah sudut kota Malang.

Salah satunya adalah ronde. Makanan yang sangat identik dengan siraman kuah jahe yang panas dan bola-bola putih berisi kacang halus ini rupanya begitu cocok untuk disantap ketika suhu udara di Malang sedang menurun seperti belakangan ini.

Jika Anda memang tertarik, Anda pun bisa segera meluncur ke daerah Kidul Dalem atau tepatnya di Jl KH. Zainul Arifin. Menemukannya pun cukup mudah, Jika Anda bisa melihat sebuah ruko dengan plang Mie Gloria yang cukup besar, maka di seberang Mie Gloria inilah lokasi Ronde Titoni yang cukup melegenda berada.

Ketika Anda mulai memasuki warung yang satu ini, atmosfer kuno dan antik pun langsung terasa dengan dilengkapi daun jendela serta pintu kuno yang semakin mempertegasnya. Tanpa harus menunggu cukup lama Anda pun bisa memilih berbagai macam varian ronde yang siap untuk menghangatkan tubuh Anda. Ronde Titoni sendiri menyediakan 3 macam varian ronde. Ada ronde kering yang dijual seharga Rp 8.000, ronde basah yang sedikit lebih murah yakni dengan bandrol Rp 7.000, dan yang teakhir adalah campuran antara ronde basah dan ronde kering. ronde campur sendiri dipatok dengan banderol Rp. 7000. Perbedaan yang mencolok antara ronde basah dengan ronde kering ini adalah pada cara penyajiannya saja. Jika pada ronde basah bola-bola tepung ketan putih diisi dengan kacang tanah yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah jahe panas, maka pada ronde kering menggunakan bubuk kacang itu sendiri untuk ‘kuah’nya. Sedangkan pada ronde campur adalah menggunakan ronde kering yang kemudian bakal disiram dengan kuah jahe. Meskipun mempunyai bentuk penyajian yang sedikit berbeda, tetapi rasa dari ronde Titoni ini dijamin bakal mampu menggoyang lidah Anda.

Selain berbagai macam menu ronde yang menjadi sebuah ciri khasnya, ronde titoni pun juga menyediakan beberapa menu berkuah yang lainnya yaitu kacang kuah serta angsle. Sementara itu untuk mendampingi aneka minuman hangat ini, Anda pun bisa memilih antara cakwe atau roti goreng yang dipatok dengan harga Rp 3.000 setiap buahnya.