Resep Siomay Bandung Ikan Tengiri yang Lezat dan Sederhana

Resep Siomay Bandung Ikan Tengiri yang Lezat dan Sederhana

KabarDunia.comSiomay Bandung merupakan makanan khas Bandung yang biasanya dibuat dari campuran daging ikan. Siomay mirip dengan masakan Cina Dim Sum, namun tentunya siomay Bandung ini berbeda dengan Dim Sum Cina. Daging ikan yang biasanya digunakan untuk campuran Siomay Bandung diantaranya adalah Ikan Tuna, Ikan Tengiri, dan Udang. Siomay Bandung biasanya disajikan bersama kubis, kentang, dan tahu serta diberi saus kacang. akan disajikan secara sederhana dalam artikel ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat siomay Bandung ikan Tengiri adalah 200 gr daging ikan Tengiri yang telah dihaluskan, 150 gr daging ayam kampung yang telah dicincang, 150 gr udang cincang, 250 gr tepung kanji, 2 telur ayam yang telah dikocok, 15 kulit pangsit, 3 tahu putih yang dipotong menjadi 4 bagian, 2 pare yang telah dipotong dan dikeruk tengahnya, 3 telur rebus potong belah dua per telur, 3 kentang rebus yang telah dipotong menjadi 4 bagian. Sedangkan resep siomay bandung untuk bumbu siomainya adalah 4 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdt merica, 1 sdt garam, 2 sdt gula pasir dijadikan satu dan dihaluskan. Untuk bahan saus kacangnya sendiri adalah 500 gr kacang tanah yang telah disangrai, 10 cabai merah besar, 5 bawang putih, 8 bawang merah, 2 jeruk limau, 150 ml air, 1 sdm gula pasir, 1 sdm kecap manis, 1 sdm garam.

Cara membuat siomay bandung adalah campurkan daging tengiri, daging ayam, dan udang cincang lalu aduk dengan rata. Masukkan bumbu siomay dan aduk lagi sampai rata. Masukan sedikit demi sedikit tepung kanji, aduk biasa saja sampai merata dan jangan diuleni agar siomay tidak terlalu alot. Masukkan adonan ke dalam tahu dan kulit pangsit lalu lipat ke atas. Kukuslah siomay, tahu isi, kentang, dan telur ke dalam Loyang yang telah diolesi dengan minyak sampai matang kurang lebih 20 menit. Untuk sausnya, haluskan kacang, bawang putih, bawang merah dan cabai lalu dimasak bersama gula pasir, kecap manis, garam dan air sampai mendidih dan jangan lupa aduk sampai merata. Sajikan siomay di atas