Cara Membuat Es Krim Santan Sederhana untuk Teman Berbuka Puasa

Cara Membuat Es Krim Santan Sederhana untuk Teman Berbuka Puasa

KabarDunia.com Bagi Anda yang menyukai makanan manis, mungkin es krim merupakan andalan anda di saat cuaca sedang panas. Es krim yang biasa dijual mayoritas terbuat dari susu. Jika Anda sedang ingin merasakan yang jauh berbeda, Anda pun bisa untuk mencoba membuat es krim batang sendiri yang berbahan dasar dari santan.

Selain rasanya yang tidak kalah menyegarkan dibanding es krim dengan berbahan dasar susu lainnya, proses pembuatannya pun juga relatif mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama. Es krim ini pun juga nikmat dijadikan untuk pilihan dalam berbuka puasa atau pun suguhan pada tamu disaat Lebaran kelak.

Berikut ini adalah cara membuat es krim santan seperti yang dilansir dari situs PureWow pada hari Rabu (15/7/2015).

Bahan-bahan Es Krim Santan:

  • 250 ml air kelapa
  • 150 gram gula
  • 750 ml santan
  • 1/2 sendok makan ekstrak vanila
  • 75 gram potongan kecil kelapa muda
  • 250 gram selai buah asli (sesuai pilihan)
  • Stik es krim

Cara membuat Es Krim Santan:
1. Siapkan panci berukuran sedang, lalu nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian campurkan air kelapa serta gula, sambil terus diaduk sampai gula benar-benar telah tercampur rata dan tungguh hingga air mendidih.
2. Jika sudah mendidih, pindahkan campuran tersebut ke dalam mangkuk, lalu diamkan beberapa saat hingga panasnya mulai berkurang. Campur serta aduk hingga rata santan, vanila, serta potongan-potongan kelapa muda. Anda pun bisa juga mencampurkan selai pada bagian ini, namun usahakan jangan diaduk secara merata di dalam campuran.
3. Tuang campuran tersebut ke dalam cetakan es serta tusukkan stik es krim yang telah disiapkan sebelumnya pada bagian tengah. lalu simpan es krim tersebut di kulkas hingga mebeku (setidaknya membutuhkan waktu 3-4 jam) sebelum bisa anda nikmati.