Resep Donat Kentang Empuk dan Praktis

Cara Membuat Donat kentang KabarDunia.com_Cara-Membuat-Kue-Donat-e1407732573636-300x225_KabarDunia.com – Donat merupakan camilan ringan yang sering menjadi favorit oleh beberapa keluarga Indonesia. Masakan dengan ciri khas berbentuk bulat dan memiliki lubang di tengah ini mempunyai berbagai varian rasa dengan bahan-bahan yang berbeda pula. Donat kentang menjadi pilihan tersendiri karena teksturnya yang empuk dengan rasanya yang lezat. Meskipun anda bisa menjumpai banyak penjual donat kentang di sekitar anda, suatu saat anda pasti penasaran ingin membuat donat kentang sendiri di dapur anda. oleh karena itu, dalam artikel ini akan disajikan resep donat kentang dan cara mudah membuatnya.

Beberapa bahan untuk membuat resep donat  :

100 gr gula halus, 1/2 sdt garam, 4 butir kuning telur, 100 ml air dingin, 75 gr mentega, tepung terigu tinggi protein sebanyak 500 gr, susu bubuk full cream sebanyak 50 gr, satu bungkus ragi instan (kurang lebih 11 gr), dan 250 gr kentang yang telah dikukus dan dihaluskan. Bahan-bahan dalam resep donat kentang tersebut sangat mudah anda temui di pasar-pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Cara membuat donat kentang juga tidak sesulit yang anda bayangkan.

Cara membuat donat kentang :

Pertama, campurkan bahan gula, tepung terigu, susu bubuk, ragi instan lalu aduk sampai rata. Setelah itu, campurkan kentang kukus yang telah dihaluskan kemudian aduk kembali sampai rata. Kemudian campurkan kuning telur dan air dingin ke dalam adonan, aduk hingga merata, lalu uleni sampai kalis. Tambahkan mentega dan garam, kemudian uleni lagi sampai benar-benar kalis dan elastis, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bagi-bagi adonan donat tersebut menjadi 12 bagian, dan bulatkan. Setelah semua adonan terbagi dengan rata, diamkan lagi selama 20 menit sampai adonan benar-benar mengembang. Setelah itu, lubangi donat dengan jari telunjuk, goreng dengan minyak panas dan api sedang. Usahakan seluruh adonan tertutupi oleh minyak saat digoreng. Donat siap diangkat ketika telah berwarna kuning keemasan, lalu tiriskan. Tambahkan gula donat atau meses untuk menghias donat dan memberi rasa sesuai dengan selera anda. Demikian resep donat kentang lezat dan sederhana untuk anda. Selamat Mencoba!