Menikmati Kesedapan Palubasa, Makanan Khas Makassar

Menikmati Kesedapan Palubasa, Makanan Khas Makassar

KabarDunia.com – Berbicara mengenai urusan perut terbukti memang tidak akan pernah habisnya. Apalagi jika berada di Kota Makassar, kota yang terkenal dengan kuliner khas serba berkuah serta berisi daging. Bersiaplah menikmatinya karena lidahmu pasti akan bergoyang ketika menyeruput kuahnya.

Salah satu kuliner Makassar yang populer adalah Palubasa. Apabila Kamu berada di kota yang berjuluk Angin Mamiri ini, sempatkan untuk datang ke kedai Palubasa yang populer di kalangan orang-orang seantero Makassar. Kedai itu bernama Palbas Serigala.

Palbas sendiri adalah singkatan dari Palubasa. Sementara nama “Serigala”,  mengambil nama jalan tempat kedai itu berdiri. Apabila dilihat dari luar, kedai kecil berbentuk rumah toko tidak terkesan spesial. Di dalam, hanya ada dua meja panjang yang dua sisinya bisa diduduki serta satu meja yang berada di segi tembok. Sementara di luar, tersedia meja dengan atap tambahan.

Dengan kapasitas total pengunjung sekitar 40 orang, kedai ini tidak akan pernah terkesan sepi. Menurut Keysia, Public Relation Hotel Aston Makassar, yang gemar makan Palubasa di sini, kedai ini adalah tempat favorit untuk menyantap palubasa. Mulai dari jam sembilan pagi sampai jam sepuluh malam, kedai ini dipenuhi oleh pengunjung dari Makassar sendiri alias dari luar Makassar. Jangan kaget apabila Kamu wajib mengantre demi semangkuk palubasa.

Tetapi, kali itu, saya tidak butuh menantikan lama untuk menyantap palubasa. Dalam hitungan menit, sang pelayan langsung datang menyuguhkan satu mangkuk Palubasa dengan kuning telur bersama satu piring nasi. Rasa penasaran langsung muncul untuk segera menyantap palubasa.

Kuahnya yang berwarna coklat menggoda lidah untuk mencicipi. Sesendok kuah langsung meluncur masuk. Gurih kaldu bercampur parutan kelapa yang disangrai menyergap seisi mulut. Daging palubasa tidak susah untuk digigit. Rasa rempah-rempah sangat terasa ketika menyantap kuah serta daging. Bumbu rempah menyerap ke daging dengan sempurna. Seusai ditambah jeruk nipis serta sambal cair, paduan rasa gurih, asam, asin, serta pedas sukses menggocek lidah.

Daging sapi yang sudah direbus dipotong sebesar dadu kemudian dimasukkan ke dalam panci yang berisi kuah. Berbagai pegawai kedai yang cekatan lalu menyaapabilan palubasa ke dalam suatu  mangkuk sebelum disaapabilan terhadap para pengunjung kedai. Apabila ingin meningkatkankan kuning telur, pegawai kedai bakal memberbaginya cocok di atas kuah Palubasa.

Untuk menuju Kedai Palbas Serigala, lumayan arahkan kendaraan Kamu ke Jalan Veteran dari pusat kota sampai berjumpa suatu  stasiun pengisian bahan bakar umum lalu putar balik. Kemudian berjumpa Jalan Singa, beloklah. Dari jalan ini, Palubasa Serigala tinggal berjarak kurang lebih 100 meter. Lumayan bertanya pada penduduk kurang lebih apabila tidak tahu. Dengan bahagia hati mereka bakal memberi tahu lokasi kedai palubasa yang populer ini.

Untuk menyantap palubasa tanpa telur, Kamu lumayan mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000. Apabila ingin memakai telur, tambahkan Rp 3.000. Biasanya para penikmat Palubasa, memakan dengan tambahan kacang serta telur asin. Harganya sebesar Rp 5.000. Seusai lengkap semua, Kamu siap menyantap kuliner kuah dengan kolesterol tinggi ini. Bersiaplah ketagihan!