Resep Roti Maryam Sederhana

Resep Roti Maryam Sederhana

KabarDunia.com โ€“ roti maryam merupakan roti bersejarah khas Indonesia, mungkin kita akan mengira nama โ€œMaryamโ€ untuk roti ini diambil dari nama seseorang, memang benar sekali nama dari roti ini diambil dari sebuah nama seorang ibu entah dari mana saya kurang tahu sejarahnya. Namun rasa dari roti maryam ini tidak mungkin bisa diragukan lagi, karena dengan tekstur yang lembut dan kenyal membuat roti maryam ini banyak digemari oleh kalangan para pencinta jajanan khas Indonesia mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Untuk cara membuat roti maryam lezat ini sendiri tergolong sangat mudah. Saya akan berbagi tips cara membuat roti maryam untuk Anda. untuk membuat roti maryam mudah dan lezat simak tips resep roti maryam berikut ini.

Bahan membuat roti maryam:

– Tepung terigu protein tinggi sebanyak 1 kg;
– Garam sekitar 1 sendok teh;
– Susu bubuk sebanyak 4 sendok makan;
– Kuning telur dari 2 butir telur;
– Telur ayam kampung sebanyak 2 butir;
– Air hangat sebanyak 450 cc;
– Minyak goreng sekitar 175 cc.

Cara membuat roti maryam empuk dan lezat:

– Pertama kocok telur dan kuning telur dengan menggunakan Whisk, tambahkan juga minyak goreng. Aduk-aduk hingga rata;
– Kemudian masukan tepung terigu, garam dan susu bubuk kedalam kocokan telur tersebut. uleni sampai tercampur merata;
– Setelah itu bentuk adonan menyerupai bentuk bola baseball. Tutup dengan plastik dan diamkan selama 1 jam;
– Setelah satu jam berlalu masukan adonan bulat tersebut kedalam gilingan. Giling adonan tersebut sampai tipis;
– Siapkan penggorengan datar, olesi tempat penggorengan tersebut dengan menggunakan minyak agar tidak lengket. Setelah itu letakan adonan tersebut diatasnya, tunggu sampai berubah warna menjadi coklat dan roti maryam siap dinikmati.

Sajikan roti maryam yang lezat ini untuk camilan bersama dengan keluarga apalagi ditambah dengan secangkir teh atau susu hangat, maka roti maryam ini akan terasa lebih nikmat. Selain itu roti maryam ini juga kaya akan karbohidrat sehingga bisa digunakan untuk sarapan pagi ataupun makan malam, selamat mencoba di rumah ๐Ÿ™‚