Resep Kue Serabi Hijau Tradisional

Resep Kue Serabi Hijau Tradisional

KabarDunia.com Indonesia memang kaya dengan berbagai macam kue tradisional. Salah satu kue tradisional Indonesia yang masih lestari hingga saat ini adalah kue serabi. Banyak orang yang menyatakan jika kue serabi berasal dari kota Bandung. Tetapi pada kenyataannya hampir semua daerah di pulau Jawa memiliki varian serabi. Anda pasti sudah tidak asing dengan serabi Solo dan serabi Pantura. Kedua jenis serabi yang disebutkan terakhir memang bisa menjadi bukti jika serabi tidak asli makanan Bandung. Mungkin jika kita berbicara sejarah serabi artikel ini bisa semakin panjang tetapi saya tidak akan membahas sejarah serabi melainkan resep kue serabi. Serabi sebenarnya jenis kue yang sangat mudah untuk dibuat. Jika tidak percaya lihatlah uraian resep dan cara membuat serabi dibawah ini.

Bahan Resep Kue Serabi

  • 400 gram tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • 1000 ml santan
  • Air daun suji
  • 2 butir telur

Umumnya resep kue serabi hijau modern menggunakan baking powder agar serabi dapat mengembang dengan baik. Tetapi anda juga patut mengerti jika kue serabi tradisional tidak ada yang menggunakan baking powder.

Cara Membuat Kue Serabi

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencampur tepung dengan santan.
  2. Aduk hingga rata dan setelah itu masukkan air dan suji.
  3. Kocok telur hingga mengembang dan masukkan ke dalam adonan. Tujuan penggunaan telur pada resep kue serabi ini agar serabi dapat mengembang dengan baik.
  4. Jika adonan sudah siap maka anda bisa memanaskan wajan untuk memasak serabi. Wajan yang digunakan lebih baik menggunakan wajan tanah liat karena wajan ini bisa menghasilkan serabi dengan bau yang khas.
  5. Masukkan adonan ke wajan dan setelah itu biarkan selama 5 menit.
  6. Jika sudah matang anda bisa langsung mengangkat serabi tersebut karena serabi sangat mudah gosong.

Apabila anda memahami resep kue serabi notosuman tersebut dengan baik pasti anda tidak akan kesulitan untuk membuat kue serabi yang enak. Agar tampilan serabi lebih menarik maka anda bisa menambahkan toping pada bagian atasnya. Toping yang anda berikan bisa bervariasi mulai dari keju hingga cokelat.