Angkor Wat, Bukan Destinasi Wisata Bugil

Angkorwat(rear)KabarDunia.com Sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di asia, Angkor Wat tentu banyak
dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai macam penjuru dunia, maka beragam pula
budaya dan tingkah para pelancong tersebut.
Salah satu yg menurut budaya timur nyeleneh dan tidak umum adalah bugil di
tempat umum seperti angkor wat.
Seperti yang ramai dibicarakan oleh media internasional mengenai sejumlah
aturan yg diterbtikan akhir-akhir  ini oleh pengelola Angkor Wat.
Hal ini didasarkan karena maraknya kelakuan nakal turis saat berkunjung di Angkor Wat, sejumlah aturan ini dibuat untuk menyikapi ulah serta sejumlah kasus nakal yang dilakukan oleh para turis di Angkor Wat. Salah satu yang paling disorot adalah ulah dua orang gadis asal Amerika Serikat  yang ketahuan berfoto tanpa busana –bugil- pada musim dingin tahun lalu.

Pengelola Angkor Wat pun bekerjasama dengan para biksu, pemandu wisata, serta petugas UNESCO untuk membuat sejumlah aturan yang ditujukan  untuk para wisatawan. Bagi siapa yang melanggar akan dikenai sanksi dan hukuman, seperti diberitakan Daily Mail.

Beberapa aturan yang telah dibuat adalah seperti larangan bugil atau tidak telanjang , memegang atau merusak bangunan bersejarah, memberi uang kepada para gelandangan, merokok hingga berfoto selfie dengan para biksu. Semua aturan itu jelas terdapat di poster yang dibuat oleh para pengurus Angkor Wat. Telegraph memberitakan “Tujuannya adalah untuk menyesuaikan antara pengalaman yang didapat wisatawan dengan keamanan umum dan rasa hormat terhadap komunitas kami,” ujar pihak Apsara National Authority.